Cari Calon Ketum Perbasi Kota Jambi, Ini Syarat dari Tim Penjaringan

 

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Jambi akan digelar pada 27 Juli 2022. Salah satu agenda Musorkot tentu saja mencari sosok ketua umum (ketum) yang akan memimpin basket Kota Jambi dalam empat tahun ke depan. Karena itu Perbasi membuka pendaftaran dan penjaringan calon ketua untuk masa bakti 2022-2026 selama empat hari, yang dimulai 18 Juli 2022 ini.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Musorkot Perbasi, Ardi Hutabarat mengatakan para bakal calon ketua yang merasa dirinya layak dan memenuhi syarat segera mengikuti Musorkot Perbasi Kota Jambi.

"Untuk mengambil formulir dan berkas pendaftaran pada 20 Juli 2022. Kita hanya memberikan waktu sehari, formulir dan berkas pendaftaran ditangan bakal calon. Setelah itu dikembalikan lagi ke sekretariat TPP di KONI Kota Jambi pada 22 Juli 2022. Harus diantar langsung bakal calon," kata Ardi Hutabarat.

"Penyerahan formulir dan berkas pendaftaran juga ada batas waktunya. Yakni, terakhir diserahkan pada 23 Juli 2022," sambungnya.

Sejumlah syarat lain yang diajukan TPP bagi bakal calon Ketum Perbasi Kota Jambi adalah warga Kota Jambi yang dibuktikan dengan KTP dan kartu keluarga. Selanjutnya bakal calon Ketum Perbasi Kota Jambi tersebut tidak pernah dipenjara atau sedang terkena sanksi hukuman penjara. “Dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepolisian (SKCK),” ujar Ardi.

Syarat lain, bakal calon ketua umum mendapatkan dukungan minimal dari tiga klub.

Surat dukungan klub tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Umum klub sesuai dengan SK Kepengurusan Aktif bermaterai Rp 10.000 dan berstempel klub. "Cap basah,” tegasnya.

Ardi kemudian mengungkapkan tahapan berikutnya. Yakni tahap verifikasi berkas pencalonan.

"Berkas bakal calon yang masuk kita verifikasi. Untuk mengetahui kelengkapan berkas. Jadwalnya dua hari, 24-25 Juli 2022," ujar Ardi Hutabarat.

Setelah verifikasi kelar, tim TPP mengumumkan hasil verifikasi berkas pencalonan tersebut. 

"Untuk mengetahui layak atau tidaknya bakal calon itu menjadi calon ketua umum Perbasi Kota Jambi. Verifikasi ini sangat penting," jelasnya.

"Tidak masalah bila calonnya cuma satu atau bahkan 2 orang. Karena, yang kami ingin cari memang sosok yang betul-betul berkualitas. Karena ini nanti urusannya terkait kualitas prestasi basket kedepannya," pungkasnya.(*/sj)