Diskusi dengan KSAD, Edi Purwanto Curhat Soal Karhutlah dan Pangan

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Jambi, Senin (18/7/2022). Sesuai jadwal, KSAD akan melihat secara langsung bagaimana kondisi hutan di Jambi, berapa besar potensi kebarakan hutan dan lahan. Selain itu, Dudung juga berkunjung ke Kabupaten Tebo.

Disela-sela kunjungan itu, Edi Purwanto sempat berdiskusi dengan KSAD, terutama tentang mengelolah lahan-lahan potensial untuk di jadikan food estate.

Edi Purwanto mengatakan selama ini banyak lahan yang terbakar adalah lahan yang tidak dikelola dengan baik, diantaranya PT PDIW dan PT Pesona yang selama ini korporasinya ada tapi kegiatannya tidak ada.

“Ada dua yang menjadi pembahasan yakni terkait karhutla dan ketahanan pangan, kita juga akan cari solusinya juga, karena leading sektornya karhutla itu akan ada tentara dan danrem,” kata Edi Purwanto.

Dalam hal ini, kata Edi, komandan Korem (Danrem) bisa mencari formulasi-formulasi untuk pencegahan. Saat ini tidak bisa hanya melakukan formulasi jangka pendek, akan tetapi akan dicoba jangka panjang.

“Kalau lahan itu ada penunggunya atau ada aktivitas di sana, mudah-mudahan tidak terjadi kebakaran,” katanya. (*/sj)