Duh! Timnas U-19 Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF Usai Bantai Myanmar

SWARAJAMBI.ID – Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan telak atas Myanmar pada laga terakhir Piala AFF U-19 2022, di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (10/7/2022) malam. 

Namun kemenangan 5-1 tersebut tidak membuat Garuda Nusantara lolos ke babak semifinal. Pasukan Shin Tae-yong malah gagal karena Thailand vs Vietnam berlangsung imbang 1-1.

Keputusan ini merupakan aturan klasemen Piala AFF U19 tahun 2022 yang mengalami beberapa perubahan. Sebagai catatan bila tim yang memiliki poin yang sama maka head to head akan diutamakan terlebih dahulu.

Sementara jika dalam poin head to head masih belum bisa ditentukan pemenangnya, maka penilaian akan berlanjut ke selisih gol. Pemenang Piala AFF U-19 2022 memiliki sistem yang sama seperti Kualifikasi Piala Asia 2023.

Indonesia yang tampil dengan dukungan penuh awalnya dikejutkan oleh gol cepat tim tamu. 

Menit ke-6, La Min Htwe mencetak gol memanfaatkan sepak pojok. Garuda Nusantara bangkit setelah itu. Menit ke-18 gol penyeimbang hadir melalui Muhammad Ferrari. Sang kapten mencetak melalui kepalanya usai menerima umpan dari Arkhan Fikri.

Tidak butuh waktu lama, 7 menit berselang Indonesia berbalik unggul. Kali ini melalui Arkhan, sepakan kerasnya dari luar kotak penalti membuat kiper Myanmar kelimpungan. 

Permainan Timnas U-19 makin menggila, mereka makin menguasai pertandingan. Hasilnya menit ke-31 Ferrari lagi-lagi mencetak gol. 

Skemanya sama, tapi kali ini umpan diberikan oleh Zanadin Fariz. Skor 3-1 untuk Indonesia. 

Tidak cukup sampai disitu. Timnas U-19 menambah keunggulan menit ke-32. Aksi solo run Rabbani membuat lini belakang Myanmar kelimpungan. Dia mencetak gol dan membawa Indonesia unggul 4-1 hingga turun minum.

Di babak kedua tensi permainan meningkat. Myanmar dengan segenap kemampuannya berusaha memperkecil ketertinggalan. 

Tapi serangan demi serangan dilakukan tapi selalu gagal mencetak gol. Petaka bagi Myanmar, di menit ke-72 Indonesia menambah keunggulan. 

Kali ini Ronaldo Kwateh mencetak gol usai menerima umpan dari Zanadin Fariz. Tidak ada gol tambahan tercipta skor 5-1 bertahan hingga laga usai.(*/sj)