Mega Instruksikan Kader Kibarkan Bendera PDIP Setengah Tiang

Tjahjo Kumolo

SWARAJAMBI.ID – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menginstruksikan seluruh kader, anggota, dan simpatisan partai untuk memberikan penghormatan terbaik pada almarhum Tjahjo Kumolo.

"Dengan mengibarkan Bendera PDI Perjuangan setengah tiang di kantor-kantor partai," ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, dalam siaran pers, dilansir dari laman RM.id, Jumat (1/7/2022).

Selain itu, PDIP akan memberikan penghormatan dengan protokol partai. Hasto mengungkapkan, Mega dan seluruh keluarga besar PDIP merasakan duka cita yang mendalam atas wafatnya Tjahjo Kumolo.

"Beliau salah satu kader terbaik partai. Mas Tjahjo dikenal sebagai sosok pemimpin dengan kesabaran tinggi, santun, dan menampilkan kepemimpinan penuh semangat persahabatan dan menyatukan," tutur Hasto, yang tengah berada di Yogyakarta.

Tjahjo, lanjutnya, juga pantas disebut sebagai sosok yang legendaris. Sebab, dia pernah menjadi anggota DPR RI selama enam periode, lalu menjadi Sekjen PDIP pada periode 2010-2015, hingga dipercaya sebagai Mendagri dan MenPAN RB.

Selain itu, Tjahjo juga disebut Hasto merupakan sosok yang setia mendampingi Mega. Hasto mengaku belajar banyak dari Tjahjo Kumolo. 

"Saya diajarkan oleh Mas Tjahjo bahwa berdedikasi pada Ibu Megawati harus menggunakan alam batin dan pikiran yang jernih, penuh dengan kejujuran dan kesetiaan," kenangnya.

Hasto pun memastikan, seluruh keluarga besar PDIP memberikan penghormatan terbaik dengan mendoakan almarhum agar dilancarkan jalannya menghadap Tuhan Yang Maha Kasih dan Maha Penyayang, dan husnul khotimah.

"Selamat jalan Mas Tjahjo Kumolo, perjuangan Mas Tjahjo telah menjadi satu dan bersenyawa dengan seluruh kehidupan PDI Perjuangan," tandas Hasto.(*/sj)