Temu Menteri Saudi, Menag Ingin Kuota Haji 2023 Capai 100 Persen

SWARAJAMBI.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sudah membahas kuota haji 2023 dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Rabiah saat melakukan pertemuan belum lama ini.

Pelaksanaan ibadah haji 2023 akan dibahas sejak awal atau setelah penyelenggaraan ibadah haji 2022. Pemerintah Indonesia-Arab Saudi pun sepakat membentuk tim khusus (task force).

Dikutip dari okezone.com,Task force dibentuk untuk mengevaluasi penyelenggaraan ibadah haji 2022 dan pembahasan haji 2023. Salah satu yang dibahas soal kuota haji 2023.

"Mudah-mudahan kuota tahun depan informasi yang saya dapatkan dari pak Menteri Haji ketika saya ketemu beliau beberapa hari yang lalu pasca Mina itu, beliau menyatakan insya Allah akan lebih banyak dari tahun ini," kata Menag usai memimpin rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji di Jeddah, Sabtu (16/7/2022).

Pada tahun ini kuota haji Indonesia mencapai 100.051 orang. Sementara, Menag berharap kuota haji 2023 mencapai 100%.

Namun, Menag menyerahkan kepada pemerintah Arab Saudi soal kuota haji 2023 untuk Indonesia.

"Belum dong kan pemerintah Saudi yang mengumumkan bukan saya, kalau kita sih inginnya 100%," katanya.

Hingga saat ini Menag masih melakukan komunikasi intens dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi perihal kuota haji maupun pelaksanaan haji 2023.

"Tapi saya intens sampai sekarang. Sampai hari ini saya masih WhatsApp (WA) sama pak menteri Haji untuk dapat update terbarunya seperti apa. Yang bisa memastikan itu hanya Allah, kita hanya ikhtiar," katanya.(*/sj)