Peringkat Tujuh Mandalika Cup 2022, Pecatur Arif Rahman Saragih Harumkan Nama Jambi

Peserta Kejuaraan Catur Internasional Fide Rated Mandalika Cup 2022 Yang Mencapai 250 orang.

--------------------------------------

SWARAJAMBI.ID – Meski tidak bergelar master, pecatur Kota Jambi Arif Rahman Saragih mampu bersaing dengan pecatur bertitel master Indonesia maupun luar negeri di Kejuaraan Catur Internasional Fide Rated "Mandalika Cup 2022". Hingga berakhirnya babak kesembilan hari ini, 28 Agustus 2022,  Arif Rahman Saragih berada diperingkat tujuh dari 250 peserta dengan mengemas 7 poin.

Posisi teratas dikuasai GM Priasmoro Novendra yang bermain apik sehingga memperoleh 8,5 poin dan GM Megaranto Susanto sebagai runnerupnya dengan 7,5 poin.

Disusul kemudian MN Hudallah  (7,5 poin), FM Sonjaya Deni (7,5 poin), IM Taher Yoseph Theolipus (7,5 poin), dan IM Novita Anjas (7 poin).

Kejuaraan Catur Mandalika Cup 2022 dipusatkan di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Di ajang bergensi ini diikuti 250 pecatur dari berbagai daerah termasuk pecatur dari luar negeri. Yang berasal dari negara Malaysia, Thailand, Uzbekistan dan Belgia.Total hadiah yang diperebutkan sebanyak Rp 200 juta.

Ketua Percasi Kota Jambi Ardi Hutabarat mengatakan Arif Rahman Saragih merupakan satu-satunya pecatur nonmaster yang masuk  sepuluh besar dengan peringkat tujuh. 

"Ini membuktikan Arif Rahman Saragih punya kemampuan dan berkualitas, permainan bidaknya. Bayangkan, dari 250 pecatur yang ikut dalam Mandalika Cup 2022, dia yang nonmaster yang bisa masuk sepuluh besar. Diperingkat tujuh pula," kata Ardi, Minggu (28/8/2022).

"Ya, Arif Rahman Saragih sudah pasti  pecatur andalan kita (Percasi Kota Jambi) . Sudah pastilah, dia akan memperkuat skuat Porprov mendatang," sambungnya.

Selain peserta dari Luar Negeri, turnamen Mandalika Cup dihadiri oleh pecatur-pecatur Top Ten Indonesia, yaitu 2 orang bergelar GM (Grand Master), 7 orang IM (International Master) , 6 orang bergelar FM (Fide Master) dan puluhan MN.

Peserta asal Indonesia, mereka berasal dari berbagai daerah seperti, Papua, Kalimantan Utara, Kaltim, Kalsel, Jambi, Sumut, Sumsel, Sulsel, Sulut, Gorontalo, DKI, Jabar, Jateng, Jogya, Jatim, Bali, dan NTB.(*/sj)