Pj Bupati Muarojambi Hadiri Gelar Adat Mendagri Tito Karnavian dan Jaksa Agung ST Burhanuddin di Balairung Sari

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah menghadiri acara gelar adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi yang diterima Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Jaksa Agung ST Burhanudin di Balairung Sari Jambi, Sabtu (27/8/2022).

Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah mengaku dirinya sangat mengapresiasi LAM yang memberi gelar adat kepada petinggi negara yang hadir di Jambi.

"Kegiatannya sangat menarik. Pak Mendagri Tito Karnavian dan Jaksa Agung ST Burhanudin sangat gagah mengikuti sampai selesai," ujarnya.

Acara ini dihadiri langsung Gubernur Jambi H Al haris dan Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani serta ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto. Hadir juga seluruh pejabat di lingkup Provinsi Jambi dan Kabupaten Muarojambi.

Berdasarkan keputusan LAM Jambi, Mendagri Tito Karnavian mendapatkan gelar adat “Sri Paduko Setio Payung Negeri”. Sedangkan Jaksa Agung ST Burhanudin mendapatkan gelar “Sri Paduko Agung Mustiko Alam” dan Ketua Mahkamah Agung mendapatkan gelar adat “Karang Setio”.

Gelar untuk Ketua Mahkamah Agung, Syarifuddin diterimakan oleh istrinya dikarenakan ada keperluan sehingga harus kembali ke Jakarta.

Penganugerahan gelar adat ini, ditandai dengan penyisipan keris hingga pemasangan selendang oleh Gubernur Jambi Al Haris dan pemasangan PIN Emas oleh Ketua LAM Jambi H. Hasan Basri Agus, disaksikan oleh Pengurus LAM Jambi, Ketua LAM Jambi Kabupaten/Kota dan tamu undangan.(*)