Presiden Jokowi resmikan Papua Football Academy

SWARAJAMBI.ID – Presiden Joko Widodo meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (31/8/2022). Peresmian itu ditandai penabuhan tifa didampingi Ibu Ariana Joko Widodo, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju serta mantan pemain timnas Indonesia Rully Nere.

“Di tanah Papua ini, saya minta agar fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON ini bisa terawat dengan baik dan saya minta dibangun di Papua akademi sepak bola dan hari ini sudah terwujud yang namanya Papua Football Academy. Tanah Papua telah melahirkan talenta-talenta yang berbakat seperti Rully Nere, Timo Kapisa, Boaz Solossa, Aples Tecuari, Ramai Rumakiek dan Ricky Kambuaya,” kata Jokowi dalam sambutannya.

"Mereka ini nggak laki, nggak perempuan semuanya ngefans, termasuk Ibu Iriana Jokowi ini senang sama Pak Rully Nere. Football Academy harus memanfaatkan dengan baik kesempatan yang telah diberikan untuk menimba ilmu di bidang sepak bola ini,” tambahnya.

Jokowi harapkan akademi Papua sepakbola dapat melahirkan talenta berbakat pemain sepakbola. Ada 30 anak yang lulus seleksi dan siap dididik.

“Tadi disampaikan ada 477 anak yang diseleksi dan sekarang hanya tinggal 30 anak. Ini adalah bibit-bibit talenta-talenta yang di seleksi dengan baik, talenta yang berbakat dan juga tidak hanya sepak bola disiapkan, juga pendidikan formalnya," pinta presiden.

Harapannya, para peserta tetap sekolah. "Yang kita harapkan nanti akan menjadi pemain-pemain bola yang memiliki jiwa percaya diri yang kuat, karakter yang kuat yang kompetitif, yang sportif, tapi juga pandai dan pintar,” kata Jokowi.(*/net)