Ratusan Pelatih Ikuti Bimtek Organisasi dan Prestasi KONI Kota Jambi

SWARAJAMBI.ID, JAMBI –Menyamakan persepsi dan pemahaman organisasi keolahragaan dalam meningkatkan prestasi, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jambi menggelar Bimtek organisasi dan prestasi cabang olahraga tahun 2022 di Aula Bappeda Kota Jambi. Kegiatan ini diikuti ratusan pelatih dan pengurus yang menjadi utusan dari 43 cabang olahraga (cabor) dibawah naungan KONI Kota Jambi. 

Ketua umum KONI Kota Jambi M Kadafi menyebutkan kegiatan ini sangat penting artinya bagi para pengurus cabang olahraga khususnya bidang organisasi. Mengingat saat ini banyak pengurus cabor yang baru.

"Bimtek ini bertujuan memberikan pemahaman kepada pelatih dan pengurus cabor. Diharapkan ada kesamaan pikir antara KONI pengurus cabor, khususnya tentang aturan organisasi," ujar Kadafi.

Peran organisasi untuk pembinaan olahraga sangat penting dalam kemasyarakatan olahraga hingga bisa mencetak atlet yang berprestasi. "Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada pengurus cabor dalam menjalankan tugas sehingga mampu menata administrasi organisasi dan prestasi," ujarnya.

"Jika tata kelolah serta management organisasi tidak dikelolah dengan baik, sudah pasti akan berimbas terhadap prestasi. Karena saling berkaitan. Makanya untuk menuju puncak prestasi yang diharapkan, KONI menggelar bimbingan teknik (Bimtek) yang diikuti oleh seluruh sekretaris dan pelatih dari cabor, agar memahami keterkaitan itu," sambungnya.

"Hal itu sesuai dengan temanya, pengelolaan organisasi yang efektif dan efisien menuju sinergitas dan prestasi terbaik," katanya lagi.

Kadafi memastikan bimtek organisasi dan prestasi akan memberikan pencerahan, pendalaman bidang organisasi agar dalam menjalankan tugas sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (ART) KONI. Kegiatan ini merupakan komitmen KONI Kota Jambi untuk meningkatkan SDM pengurus cabor.

"Intinya roda organisasi harus berjalan semestinya, agar cabang olahraga lebih tertata, baik secara organisasi, administrasi maupun prestasi," tukas pengusaha muda enerjik ini.

Orientasi internal ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jambi Edriansyah pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

Sebagai pembicara dalam bimtek organisasi dan prestasi adalah Ivan Adetusa dari Bidang Organisasi KONI Kota Jambi dan Alex Oktadinata dari Bidang Sport Science KONI Kota Jambi yang berbicara tentang prestasi dan bakat atlet. Keduanya merupakan pembicara yang kompeten dalam bidangnya.

Bimtek yang berlangsung sehari ini diisi tanya jawab dengan dipandu oleh Zulfadli Mansoer. Semua peserta mengaku puas dan berterima kasih KONI Kota Jambi telah menggelar Bimtek Organisasi dan Prestasi. (*/sj)