Sikat Vietnam, Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-16

SWARAJAMBI.ID – Timnas Indonesia U-16 tampil memukau dalam laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022. Bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022) malam WIB, Garuda Asia menang 2-1 atas Vietnam dan memastikan tiket ke semifinal.

Kemenangan tersebut tidak diraih armada Bima Sakti dengan mudah. Indonesia bahkan harus tertingal lebih dulu.

Gol Vietnam dicetak Nguyen Cong di menit 41 lewat titik penalti. Tendangan penaltinya tak mampu dihalau kiper Indonesia Andrika Rachman.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Vietnam tetap bertahan.

Indonesia bisa bangkit di babak kedua. Armada Bima Sakti berbalik unggul dengan mencetak dua gol. Arkhan Kaka membawa Indonesia menyamakan kedudukan di menit 51. Umpan silang Narendra Tegar diselesaikan dengan sundulan oleh Arkhan.

Gol kemenangan Indonesia hadir di menit 55. Tendangan terarah Nabil Asyura dari dalam kotak penalti menjebol gawang Vietnam.

Setelah itu, Indonesia kembali mendapat beberapa peluang tetapi belum bisa berbuah gol.

Memasuki 15 menit terakhir, Vietnam mencoba mengambil inisiatif permainan demi memburu gol balasan.

Terjadi kemelut di depan gawang Indonesia pada menit ke-87. Namun, bola terlebih dahulu ditangkap Andrika sebelum masuk. Wasit pun tidak mengesahkan gol Vietnam.

Wasit menganggap telah terjadi pelanggaran lebih dulu terhadap kiper Indonesia dan menganulir gol tersebut. Hingga peluit akhir dibunyikan, skor 2-1 untuk keunggulan Timnas U-16 Indonesia tetap bertahan.

Hasil ini mengantarkan Indonesia sebagai juara Grup A dengan 9 poin dari tiga pertandingan. Sedangkan Vietnam ada di posisi kedua dengan enam poin. Mereka masih menunggu hasil di grup C untuk bisa lolos sebagai runner up terbaik. Indonesia akan menghadapi juara Grup C di semifinal. Status ini masih diperebutkan Malaysia, Myanmar dan Kamboja.(*/sj)