Tekan Inflasi, Wakil Wali Kota Jambi Maulana Minta TPID Catat Harga Bahan Pokok Tiap Hari

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pemerintah Kota Jambi terus berupaya menekan inflasi yang terjadi di Kota Jambi. Diantaranya Wakil Wali Kota Jambi, Maulana meminta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mencatat harga komoditas. Terutama sembilan bahan pokok. 

"Pencatatan harus dilakukan setiap harinya," ujar Maulana usai Rakornas TPITD bersama Mendagri secara virtual, Selasa (30/8/2022).

Menurut Maulana, pencatatan harga bahan pook harian itu agar bisa dibandingkan dengan hari-hari berikutnya.

"Jadi kalau ada kenaikan harga bisa langsung diketahui, dan bisa langsung diberi tindakan,” kata Maulana.

Setiap minggu, TPID harus rapat dan kumpul, sampai kondisi inflasi bisa dikendalikan. Setiap kenaikan harga pada satu komoditas harus dianalisis kenaikannya.

"Langsung cek lapangan, lihat stoknya. Lihat alur distribusinya sampai ke masyarakat, kalau ada kendala langsung diintervensi," katanya.

Selanjutnya, dia memerintahkan Dinas Sosial untuk memvalidasi data penerima bantuan sosial di kota Jambi. Sesuai dengan instruksi Mendagri, pemerintah pusat akan menggelontorkan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 2 persen dari total DAU yang ditransfer ke daerah, untuk dapat digunakan mengurangi dampak inflasi.

"Kalau berkaca pandemi Covid-19 dulu, ada sebanyak 30 ribu penerima Bansos. Ini tinggal divalidasi saja. Berapa nanti kekuatan anggaran kita, kita sesuaikan," ujarnya.(*/sj)