Banyak Perusahaan Beroperasi di Muarojambi, Rengki : Kontribusinya Belum Optimal

Ketua DPD II KNPI Muarojambi Rengki Pirdana (kiri)


SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI – Ketua DPD II KNPI Muarojambi Rengki Pirdana mengungkapkan di Kabupaten Muarojambi banyak perusahaan yang beroperasi mulai sektor perkebunan hingga pertambangan. Namun kehadiran perusahaan tersebut masih banyak yang belum dirasakan kontribusinya terhadap kemajuan perekonomian dan pengurangan tingkat angka pengangguran daerah.
Padahal, kontribusi perusahaan kepada daerah itu telah diatur jelas dalam Undang Undang Nomor 40 tahun 2017. Hal itu tertuang pada pasal 1 ayat 3, 
tugas, peran dan fungsi perusahaan terhadap lingkungan daerah sekitar.
"Sampai saat ini masih banyak perusahaan yang belum menjalankannya," ujar Rengki Pirdana, Senin (5/9/2022).
"Mereka hadir di sini, untuk mengambil sumber daya alam kita, namun belum ada kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan perekonomian daerah," sambungnya.
Ia mengatakan bahwa kehadiran perusahaan di daerah Muarojambi harusnya juga dapat membantu pemerintah daerah untuk dapat mengurangi tingkat pengangguran.
"Dengan banyaknya perusahaan diharap dapat berkontribusi dalam mengurangi angka pengangguran, kendati demikian kondisi dilapangan malah sebaliknya, mereka malah memperkerjakan orang luar," terangnya.
Ia berharap pemerintah harus ikut serta menjembatani masyarakat untuk mendapatkan hak yang harusnya mereka terima.
"Saya berharap pemerintah kita harus hadir dalam penyelesaian masalah ini, kalau bisa harus di buatkan Perda-nya,"tegasnya.
Ia juga menambahkan, pemerintah harus bersikap tegas terhadap perusahaan-perusahaan yang tidak mementingkan kesejahteraan masyarakat dimana mereka berdiri. " Pemerintah daerah sudah saatnya tegas," pungkasnya.(*/sj)