Diikuti Ratusan Mahasiswa, BEM FH Unbari Gelar PKKMB

SWARAJAMBI.ID, JAMBI –Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Batanghari (Unbari) menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diikuti ratusan mahasiswa di kampus Unbari, selama dua hari, Jumat dan Sabtu, 16-17 September 2022.

Kegiatan PKKMB merupakan kegiatan tahunan dalam rangka mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru. Yang harapannya mahasiswa nantinya mampu mengembangkan penalaran ilmiah dalam membentuk karakter ilmiah dan jati diri sebagai mahasiswa dalam rangka mempersiapkan diri untuk meningkatkan kemampuan soft/humanskill, serta mengembangkan potensi agar dapat menjadi insan yang cerdas, berintelektual, bermoral, mandiri, unggul, dan berbudaya.

"Kemudian mahasiswa yang baru ini tidak bingung saat transisi dari siswa menjadi mahasiswa. Mereka harus peka dengan kondisi yang terjadi saat ini," ujar Gubernur BEM FH Unbari Revku Ramadhanu.

Dihadapan ratusan mahasiswa, Revku mengajak seluruh mahasiswa baru untuk menjadi intelektual berkarakter mulia, berpikir kritis, berkarya dan berkontribusi serta berperan aktif untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat. Terutama kepedulian terhadap kasus- kasus hukum yang menjadi sorotan dan atensi masyarakat Indonesia.

Revku mencontohkan kasus tewasnya Brigadir J yang melibatkan banyak perwira Polri. 

"Kasusnya luar biasa, banyak melibatkan perwira Polri dan emosi masyarakat. Karena itu kita harus mengawal kasus Brigadir J ini," ujar Revku.

"Saya janji akan terus berdiskusi dengan pakar-pakar hukum untuk terus mengawal kasus Brigadir J. Ini benar- benar hati nurani saya mengajak kawan- kawan, mahasiswa baru untuk peduli terhadap kasus ini. Yang sampai saat ini tidak juga menemukan titik terang. Saya selaku Gubernur Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Batanghari mewakili mahasiswa Fakultas Hukum Unbari mengucapkan duka yang dalam. Apalagi mendiang Brigadir J, saudara satu provinsi dengan kita," terangnya. 

"Saya dan seluruh mahasiswa Fakultas Hukum Unbari akan kawal terus kasus ini. Ini murni hati nurani tanpa ada suruhan dari manapun," imbuhnya.

Mahasiswa baru agar memanfaatkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dimana dalam pengaplikasiannya, program ini membantu mahasiswa selama tiga semester dapat mengikuti belajar di luar kampus (pertukaran mahasiswa), dapat juga dilakukan lintas prodi, kampus mengajar, magang dan studi independent.(*/sj)