Dinilai Positif, Sekda Budhi Hartonon Buka PKPS Tingkat SD Se Kabupaten Muarojambi

Sekda Muarojambi Budhi Hartono


SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI – Mewakili Pj Bupati Muarojambi, Sekda Budhi Hartono menghadiri dan membuka pekan kreatifitas dan prestasi siswa tingkat SD se Kabupaten Muarojambi yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muarojambi, 27 September 2022.

Sekda Budhi Hartono dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muarojambi. Sekda menilai kegiatan tersebut sangat positif.

"Pekan kreatifitas dan prestasi siswa mempunyai dampak positif untuk perkembangan siswa," ujarnya.

Budhi menambahkan pembinaan dan pengembangan olahraga yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muarojambi merupakan satu dari empat pilar kebijakan pembangunan Pendidikan Nasional yang meliputi olah hati olah kalbu, olah rasa olah pikir dan olah raga.

"Oahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat menumbuhkan sportivitas persahabatan dan persaudaraan," ujar Sekda Budhi.

"Olahraga juga dapat memiliki arti strategis bagi pembangunan watak bangsa," sambungnya.

 Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

“Pekan kreativitas ini merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat,” kata sekda. 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muarojambi, Firdaus menyebut kegiatan ini bertujuan untuk membentuk inovasi dan kreasi yang sifatnya olahraga sekolah seni yang tidak diperlombakan pada organisasi

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, dimulai pada tanggal 27 September sampai dengan tanggal 28 September 2022,” kata Firdaus.

Kata Firdaus, cabang yang diperlombakan itu ada beberapa, diantaranya keagamaa. Untuk keagamaan ada tiga kegiatan kegiatan, pertama tartil Quran, kedua Syahril Quran dan ketiga kaligrafi.

Untuk kegiatan seni ada dua cabang perlombaan seperti pidato dalam dua bahasa. Untuk kegiatan olahraga ada empat cabang yang diperlombakan, pertama bola voli, kedua bola takraw, ketiga tenis meja dan keempat bola kaki.

Sementara untuk permainan rakyat ada lomba terompah raksasa, balap karung dan petetan atau ketapel.

“Ini untuk memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan,” kata Firdaus.(*)