Pemulihan Ekonomi, Pemkab Muarojambi berikan Ribuan Paket Sembako kepada Masyarakat

SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI – Selain melaunching program sembako pemulihan ekonomi, Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah juga menyerahkan bantuan sembako bagi keluarga resiko stunting di Desa Kota Karang, Kecamatan Kumpe Ulu, Jumat (16/9/2022).

Dihadapan masyarakat, Bachyuni Deliansyah mengatakan launching bantuan sosial sembako yang dilakukannya ini dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi covid 19. Sebab pandemi tidak hanya berdampak kepada masyarakat saja. Tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan dan kehidupan sosial masyarakat.

"Semua sendi berdampak dari pandemi," ujarnya.

Bachyuni kembali mengatakan, menurunnya berbagai aktivitas berdampak langsung terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat khususnya masyarakat rentan dan masyarakat miskin. Berdasarkan data BPS provinsi, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Muarojambi dalam 3 tahun terakhir mengalami peningkatan. Pada tahun 2019, tercatat jumlah penduduk miskin sebanyak 16.850 jiwa. Namun tahun 2021 naik menjadi 17.300 jiwa.

"Dampak penyebaran covid 19 di awal tahun 2020 yang lalu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap jumlah penduduk miskin di Muarojambi," ujarnya.

"Di tahun 2021 kembali meningkat di mana jumlah penduduk miskin sebanyak 20.490 jiwa atau mengalami kenaikan sebesar 3.190 jiwa dibandingkan dengan tahun 2020 yang lalu," katanya 

Untuk itu, sambungnya dalam upaya membantu ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19, Pemerintah Kabupaten Muarojambi pada tahun 2022 ini telah mengalokasikan anggaran pendapatan daerah untuk sektor pemulihan ekonomi sebesar Rp 13.240.000.000. dana ini tersebar dituju OPD yaitu Dinas Sosial pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas tenaga kerja dan transmigrasi, Dinas ketahanan pangan dinas koperindag dan UMKM, Dinas Perikanan, Dinas Tanaman Pangan dan Dinas Perkebunan.

"Disamping APBD, program perlindungan sosial yang bersumber dari APBN di Kementerian Sosial untuk Kabupaten Muaro Jambi juga telah disalurkan dengan Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan pangan non tunai, hingga ke program bantuan sosial dampak kenaikan BBM dan inflasi,” kata Bachyuni.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Muarojambi, Rosa Chandra Budy menyebut jika program bantuan yang diberikan hari ini merupakan program melalui dana APBD Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2022 ini.

Kata dia, ada 4000 paket sembako yang akan diberikan kepada masyarakat di 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Muaro Jambi. Pemberian sembako ini dilakukan secara bertahap.

“Hari ini ada sekitar 200 paket sembako. Nanti kita bergerak kecamatan lainnya,” kata Budy.

Penerima bantuan ini merupakan Mas masyarakat yang belum pernah menerima bantuan lain baik itu dari kabupaten maupun dari bantuan pemerintah pusat ataupun provinsi.

Program bantuan sembako ini terdiri dari beras, gula, tepung, sarden, mie instan dan lain sebagainya.

“Jika diuangkan nilainya mencapai Rp 250 ribu,” ungkapnya. (*)