Ini Harapan Pj Bupati Bachyuni Deliansyah Pada Hari Santri

SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI – Kabupaten Muarojambi juga memperingati Hari Santri. Pada peringatan tahun ini ada tabligh akbar HUT Kabupaten Muarojambi hingga peringatannya berlangsung meriah. Ribuan santri dan santriwati berkumpul dilapangan kantor Bupati Muarojambi.

Ribuan santri itu datang dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Muarojambi pada 26 Oktober 2022.

Selain ribuan santri, dalam kegiatan itu juga dihadiri oleh Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah, Kakan Kemenag Provinsi Jambi, Kakan Kemenag Muarojambi, para kiyai.

Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah menyebut jika dirinya sangat terharu melihat acara yang semarak dengan hadirnya ribuan santri seperti ini.

Dengan peringatan hari santri ini, dirinya berharap santri bisa menjadi pelopor dan bisa menjaga marwah santri yang sesungguhnya.

“Saya sangat terharu sekali. Baru sekali ini saya mengikuti acara seramai ini. Ini bukti bahwa santri di Muaro Jambi komitmen,” katanya.

Lebih lanjut Bachyuni menyebut, santri sangat berperan penting dalam kemajuan bangsa. Dan santri merupakan tokoh masa depan.

Saat ini, kata Bachyuni santri merupakan prioritas di segala tempat. Seperti masuk TNI, Polri dan lain sebagainya.

“Masuk TNI, ada jalur khusus untuk santri, masuk Polisi ada juga jalur khusus,” imbuhnya.

Sementara itu, Kakan Kemenag Provinsi Jambi H Zoztafia mengucapkan apresiasi kepada Pj Bupati Muaro Jambi yang telah menyelenggarakan kegiatan akbar seperti ini.

Dalam sambutannya Zoztafia menyebut jika santri sangat berperan dalam kemajuan bangsa Indonesia. Katanya, Presiden Jokowi telah menetapkan hari santri yang kita peringati sekarang ini.

Katanya, peranan santri dalam berbagai momen penting dalam perjuangan bangsa Indonesia ini sangat tinggi, oleh karena itu, dirinya menyebut jika.

Katanya, penghargaan pemerintah tahun 2019 dikeluarkan undang-undang nomor 18 tentang pondok pesantren yang mengatur secara baik. Peranan pemerintah dalam pengaturan pondok pesantren dan hadirlah direktur pondok pesantren Direktorat pondok pesantren di Kementerian Agama.(*/sj)