Pelajari Penanganan Irigasi dan Peningkatan PAD, Komisi III dan II Studi Banding Ke Riau

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Komisi III dan II DPRD Provinsi Jambi telah melakukan studi banding ke Pekanbaru, Provinsi Riau. Kedua komisi tersebut berada di Pekanbaru selama empat hari, 10 – 13 Oktober 2022.

Komisi III yang membidangi pembangunan dipimpin Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza mengunjungi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Riau. Disana mereka mempelajari penanganan irigasi pertanian. Sedangkan Komisi II yang membidangi ekonomi ke Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Riau untuk mengetahui strategi peningkatan pendapatan daerah. Komisi II DPRD Provinsi Jambi ini dipimpin langsung ketua Komisi II HM Juber. 

Faizal Riza mengatakan studi banding ke Dinas PUPR Riau dinilai penting karena mereka mempelajari pengelolaan irigasi pertanian. Sebab Provinsi Riau dinilai cukup baik dalam penanganan irigasi pertanian, sehingga daerah itu mampu meningkatkan pertanian tanaman pangan. "Provinsi Jambi yang memiliki kewenangan dalam penanganan irigasi perlu juga meniru penanganan irigasi di Riau," ujar Faizal Riza, Jumat (14/10/2022).

"Hal itu penting dalam rangka memperluas areal tanam dan meningkatkan produksi pangan di Jambi, khususnya produksi padi," imbuhnya.

Pada studi banding tersebut Faizal Riza bersama Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Ivan Wirata serta anggota Komisi III DPRD Jambi, Bustami Yahya, Nur Tri Kadarini, Maimaznah, tenaga ahli dan pendamping Komisi III.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jambi, HM Juber mengatakan, pihaknya studi banding ke Dispenda Riau untuk mengetahui lebih jaug program Dispenda Riau meningkatkan pendapatan daerah.

Selama ini, bilangnya, Provinsi Riau dinilai cukup berhasil melakukan peningkatan pendapatan daerah dari berbagai sektor pembangunan. Keberhasilan tersebut tentunya perlu dilaksanakan di Jambi demi mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Jambi.

“Kami melakukan studi banding ke Dispenda Riau rangka optimalisasi sumber sumber penerimaan daerah dan peningkatan pendapatan daerah. Hal ini penting guna mendongkrak PAD Jambi dari berbagai sektor pembangunan. "Peningkatan pendapatan daerah ini penting guna mengatasi kesulitan ekonomi Jambi,”katanya.(*/sj)