Buka Kejurprov Wushu, Muntaz Mona : Cabor Unggulan Satu

Sekum KONI Jambi Muntaz Mona membuka Kejurprov Wushu di Sasana Wushu Provinsi Jambi, Mayang Mangurai, Kota Jambi.

------------------------------------

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Sekretaris Umum (Sekum) KONI Jambi Muntaz Mona membuka secara resmi Kejuaraan Provinsi (kejurprov) Wushu Jambi yang berlangsung di Sasana Wushu Provinsi Jambi, Mayang Mangurai, Kota Jambi, Minggu (20/11/2022). Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekum KONI Jambi Muntaz Mona yang diikuti Kepala Bidang (Kabid) Olahraga H Baharuddin dan Wakil Ketua Wushu Jambi Jasman Bangun. 

Kejurprov Wushu sendiri telah dimulai kemarin hingga tanggal 22 November 2022. Tercatat 109 atlet wushu dari 8 kabupaten/kota se Provinsi Jambi ikut berpartisipasi pada ajang tahunan ini.

Muntaz Mona mengungkapkan kejurprov merupakan tolak ukur bagi para atlet yang telah menjalani latihan selama ini. Karena itu harus menunjukan kemampuan terbaiknya. "Hingga nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan," ujar Muntaz Mona.

Ia juga mengatakan wushu menjadi salah satu cabang olahraga unggulan meraih medali di PON. Karena itu pihaknya (KONI) memasukan wushu dalam kelompok unggulan satu pada cabang olahraga prioritas. 

"Sebagai cabor unggulan satu, kami mengajukan usulan biaya pembinaan wushu ditambah. Apabila dewan menyetujuinya, wushu akan mendapat anggaran pembinaan 150 juta," kata Muntaz Mona yang disambut aplaus peserta.

Dengan anggara itu, sambungnya wushu bisa melakukan pemusatan latihan daerah yang kontinu untuk menghadapi Prakualifikasi PON.

"Tahun depan semua cabor akan mengikuti Porwil maupun Pra PON untuk lolos ke PON Aceh-Sumut. Termasuk wushu, jadi tunjukan kemampuan terbaik sehingga bisa terpilih memperkuat tim wushu," paparnya.

Muntaz Mona mengingatkan atlet berprestasi bukan dilahirkan. Tetapi diciptakan. "Maka disini peran keluarga sangat vital untuk mendorong anaknya menjadi juara," katanya.

Sementara Kabid Olahraga Dispora Provinsi Jambi H Baharuddin mengatakan wushu menjadi salah satu cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Oleh karenanya, diharap wushu bisa tampil di PON Aceh-Sumatera Utara. 

"Dan kembali berprestasi, dengan mempersembahkan medali emas seperti di PON Papua," ujarnya.

Lebih Lanjut, Baharuddin menyampaikan pembinaan atlet wushu berlangsung dengan baik. Ini terlihat banyaknya atlet junior yang dibina klub-klub wushu di Jambi. 

"Jelas mereka memiliki talenta sebagai penerus senior dimasa yang akan datang. Terus dipertahakan pembinaan yang sudah baik ini," pungkasnya.(*)