Cari Atlet dan Kenalkan Sapa-SKO, Tim Panahan SKO Ragunan Uji Tanding di Jambi

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Tim panahan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan Kemenpora telah menunjukkan kemampuannya di lapangan panahan PPLP Jambi di Kotabaru, Kota Jambi, pada Kamis (10/11/2022). Dikemas dalam uji tanding atau tes skor, enam atlet panahan SKO Ragunan Kemenpora bersaing ketat dengan atlet-atlet panahan dari PPLP Jambi, PPLD Sumbar, PPLD Kota Jambi, dan Kabupaten Tanjab Timur.

Tim panahan SKO Ragunan Kemenpora dibawah komando pelatih Dito Rembran tersebut membawa misi khusus ke Jambi. Yakni mencari atlet panahan Jambi yang memiliki kualitas untuk direkrut dan bergabung dalam SKO Ragunan Kemenpora. Kemudian mensosialisasikan program Sapa-SKO bagi para calon atlet usia SMP dan SMA yang berminat ingin ke SKO Ragunan. 

"Kita bawa enam atlet, empat putri dan dua putra. Hanya recurve dan standar bow saja pada try out di Jambi. Namun kita datang kesini sekaligus memperkenalkan program Sapa-SKO, milik kemenpora. Di aplikasi itu, sebagai tempat pendaftaran ke SKO Ragunan," ujar Dito.


"Lewat aplikasi Sapa-SKO, tidak perlu lagi calon siswa maupun keluarganya ke Jakarta membawa berkas. Belum lagi biayanya, terus belum tentu diterima. Cukup daftar di Sapa-SKO, bila lolos administrasi atau diterima pasti diberitahu. Kalau lolos, ke SKO Ragunan," kata Dito lagi.

SKO-Ragunan ini bawah binaan Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahragawan, Deputi Pembudayaan Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga. Para siswa diinapkan dalam asrama sehingga memudahkan untuk belajar dan latihan.

"Bukan panahan saja. Semua cabang olahraga ada di SKO Ragunan," katanya.

Mengenai atlet panahan Jambi, Dito mengatakan sangat potensial dan bisa bersaing dengan daerah lainnya. Dia mencontohkan pemanah Hanif Wijaya yang banyak menuai prestasi selama bergabung di SKO Ragunan.

"Pemanah Jambi, Hanif Wijaya kan jebolan SKO Ragunan. Dari situ kita tahu bahwa Jambi punya atlet panahan yang berkualitas dan bisa diandalkan," terangnya.

Saat ini, sambungnya, atlet panahan di SKO Ragunan berjumlah sepuluh orang. Tidak ada penambahan kuota sejak pandemi covid 19.

"Dan try out ke Jambi juga yang pertama usai pandemi. Makanya kita terus mencari tambahan atlet untuk bergabung ke SKO Ragunan," ujarnya.

Uji tanding yang akan berlangsung beberapa hari ini dibuka secara resmi oleh Kabid Olahraga Dispora Jambi, Baharuddin.

Pada kesempatan itu, Baharuddin meminta para atlet untuk fokus dan serius mengikuti tes skor tersebut. "Jarang ada seperti ini, makanya kita harus memanfaatkan try out ini. Apabila masih ada kekurangan, pelatih disini bisa bertanya langsung sama coach Dito," kata Baharuddin.

Baharuddin juga mengatakan Dispora sangat mendukung try out ini.

"Sekali lagi, selamat datang Coach Dito. Semoga try out yang diikuti PPLP Jambi, PPLD Sumbar, PPLD Kota Jambi, dan Kabupaten Tanjab Timur ini memberikan hasil yang positif. Mudah-mudahan ada atlet panahan Jambi yang masuk SKO Ragunan," katanya.(*)