Targetkan Juara Umum Porprov 2023, KONI Kota Jambi Gelar Raker


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jambi telah menggelar Rapat Kerja Tahun 2022 pada Selasa (15/11/2022) di Hotel Odua Weston. Walikota Jambi Sy Fasha membuka secara resmi rapat kerja (raker) yang mengangkat tema 'Bersama Meraih Prestasi Porprov 2023' ini.

Raker dihadiri seluruh Pengurus Kota (Pengkot) Cabang Olahraga yang bernaung di bawah KONI Kota Jambi. Juga turut dihadiri dan disaksikan Ketua KONI Jambi Budi Setiawan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jambi Moncar W,  perwakilan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan mitra KONI Kota Jambi. 

"Rapat kerja ini wajib digelar. Pesertanya seluruh Pengkot cabang olahraga yang bernaung di bawah KONI Kota Jambi. Di KONI Kota Jambi ada 43 cabor," ujar  Ketua KONI Kota Jambi, M Kadafi.

Dalam raker ini peserta mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan KONI Kota Jambi selama tahun 2022. Semua kegiatan yang dilakukan KONI dipertanggungjawabkan secara tertulis dan berdasarkan aturan yang berlaku.

"Kita evaluasi, apa yang perlu menjadi catatan perbaikan kedepannya. Semuanya tercatat, dan dipertanggungjawabkan," ujar Kadafi.

Dalam raker ini, sambungnya juga membahas dan merencanakan berbagai program atau kegiatan pada tahun 2023 mendatang. Sehingga arahnya jelas dan dapat terlaksana. Apalagi tahun depan akan diadakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jambi.

"Kita juga ingin memajukan olahraga Kota Jambi, khususnya pada Porprov kita targetkan juara umum kembali.

Semua cabor harus mempersiapkan atletnya," ujar Kadafi. 

Kadafi juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jambi yang telah mensuport kegiatan raker KONI Kota Jambi. Termasuk telah menganggarkan anggaran untuk pembinaan atlet dan cabor lewat dana hibah setiap tahun. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot  yang telah mensuport KONI Kota Jambi. Sehingga program-program yang ditetapkan KONI bisa berjalan. 

Termasuk anggaran untuk pembinaan atlet dan cabor. Yang tiap tahun anggarannya mengalami kenaikan,"  ujar Kadafi.

"Dibawah kepemimpinan Pak Walikota, juga sudah banyak atlet yang berprestasi direkrut  menjadi tenaga kontrak di pemerintahan. Sehingga atlet-atlet merasa nyaman dan terus berprestasi serta mengharumkan Kota Jambi baik dikancah Nasional maupun regional," sambungnya yang disambut aplaus para peserta raker. 

Sementara itu Walikota Jambi, Syarif Fasha dalam sambutannya berharap, raker yang digelar KONI Kota Jambi ini dapat merumuskan berbagai kebijakan yang mengarah peningkatan prestasi para atlet Kota Jambi. Apalagi mengingat, tahun 2023 mendatang, Kota Jambi menjadi tuan rumah penyelenggaraan even Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jambi.

Selain itu, Syarif Fasha juga meminta agar, raker ini mampu mencari solusi maupun opsi atau pilihan bagi cabor yang belum mampu meraih prestasi.

"Raker ini saya minta ditekankan pada dua hal itu. Cari solusi bagi calon yan belum berprestasi, dan apa opsinya bagi cabor-cabor tersebut," ungkap Fasha.

Tak hanya itu, bagi cabor yang berprestasi juga perlu mengambil langkah apa kedepannya. "Yang segudang prestasi ini apa langkah selanjutnya. Apakah hanya diam saja atau seperti apa. Ini perlu juga disikapi," timpalnya.

Disamping itu pula, Syarif Fasha juga mengingatkan agar, dalam hal ini baik pemerintah kota/Kabupaten maupun Provinsi Jambi, dapat memanusiakan para atlet.

Termasuk para pelatih dan ofisial tiap cabor. "Jangan hanya diperah saja mereka (atlet,red) saat even-even. Setelahnya tidak diperdulikan," kata Fasha.

"Caranya, harus ada penghargaan yang berkelanjutan. Sebagai apresiasi terhadap mereka, apakah dengan memberikan bonus atau merekrut mereka menjadi tenaga kontrak di pemerintahan," jelas Fasha.

Pemkot Jambi sendiri, sambungnya sudah banyak mengapresiasi para atlet berprestasi di tiap bidangnya, untuk bergabung sebagai tenaga kontrak di lingkungan Pemkot Jambi.

"Itu di Satpol PP ada ratusan atlet bela diri dari berbagai cabor. Mereka yang berprestasi kita rekrut dengan sistem seleksi," jelasnya.

"Mereka (atlet) kita sejahterahkan dan dihargai. Berkat prestasi mereka, Kota Jambi terkenal dan harum namanya di pentas olahraga Nasional maupun internasional serta regional," tutupnya.(*)