Wasit dan Juri Bersertifikasi Nasional Pimpin Kejurprov Wushu

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pengurus Provinsi Wushu Jambi mengadakan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Wushu se- Provinsi Jambi. Kejurprov untuk meningkatkan kemampuan atlet dan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jambi ini dilaksanakan di Sasana Wushu Provinsi Jambi, Mayang Mangurai, Kota Jambi, 19-22 November 2022.

Didampingi sekretaris panitia Sagarosa, Ketua Panitia Ronald mengatakan pembukaan kejurprov akan dilaksanakan pada Minggu (20/11/2022) pagi. Namun pihaknya sudah mematangkan persiapan untuk pembukaan besok, seperti penyegaran Wasit dan juri, timbang badan para atlet, pertemuan teknik dengan kontingen kabupaten/kota, gladi resik, dan uji coba sasana oleh peserta.

Khusus wasit dan juri, sambungnya, penyegaran perlu dilakukan karena ada peraturan baru. Yang harus dipahami mereka. 


“Jadi, kami perlu melakukan penyegaran. Kami juga memberlakukan keterbukaan (transparansi), fair play, serta menjunjung tinggi sportivitas," ujar Ronald.

 "Wasit dan juri di kejurprov yang bersertifikasi dengan memiliki sertifikat nasional," ujarnya lagi.

Ronald juga memberitahukan bahwa timbang badan tidak hanya dilakukan sekali. Sebelum pertandingan dimulai, para atlet kembali melakukan timbang badan.


"Mereka yang berlaga harus sesuai dengan kelasnya. Timbang badan ini khusus sanda (tarung)," katanya.

Ada dua jenis wushu yang dipertandingkan, yakni wushu tau lo (seni) dan wushu sanda. 

Khusus sanda, kategorinya junior dan senior putra/putri. Kelas sanda junior putra yang dipertandingkan kelas 48 kilogram dan 60 kilogram. Yang putrinya kelas 48 kilogram dan 52 kilogram.

Sedangkan senior putra sebanyak tujuh kelas yang dipertandingkan. Yakni kelas 48 kg, 52 kg, 56 kg, 60 kg, 65 kg, 70 kg, dan 75 kg. Untuk senior putri kelas yang dipertandingkan adalah kelas 48 kg, 52 kg, 56 kg, dan 60 kg.

Kejurprov wushu tahun ini diikuti 8 Kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Total atlet sebanyak 109 orang.(*)