Wou! Ikan Tembakul Jadi Maskot Kejurprov Catur di Tanjab Barat

SWARAJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Ikan Tembakul menjadi maskot Kejurkot Catur 2022 yang berlangsung di Kabupaten Tanjab Barat.

Tembakul atau glodok sangat populer sebagai ikan amfibi. 

Karena penampilannya yang tidak biasa dan kemampuan untuk bertahan dalam air maupun di darat sangat baik, membuat Tembakul dijadikan maskot kejurprov.

"Ikan ini mempunyai keahlian, selain mampu bertahan hidup lama di daratan juga bisa memanjat akar-akar pohon bakau. Kemudian melompat jauh dan berjalan di atas lumpur. Sehingga layak dijadikan maskot, pecatur itu harus mampu bertahan dengan taktik dan permainannya untuk bisa jadi pemenang. Seperti Ikan Tembakul," terang H Muh Sjafril Simamora, Ketua Percasi Tanjab Barat.

Maskot Tembakul yang digambarkan semangat dan persaudaraan ini akan dibagikan kepada para juara Kejurprov Catur 2022. Selain medali yang akan mengalung pada leher atlet dan piagam.

"Maskot kita bagikan pas penyerahan medali. Semua juara mendapatkannya," ujar Ucok Mora (panggilan Sjafril Simamora).

"Jadi, ada kenangannya. Karena berbentuk boneka, bisa dipajang," katanya.

Hingga hari ini pertandingan kejurprov catur yang mempertandingkan 25 kategori mulai perorangan hingga beregu masih berlangsung. Kejurprov akan ditutup secara resmi oleh Bupati Tanjab Barat H Anwar Sadat pada 9 November 2022. Dengan menyerahkan medali dan piala bergilir serta piala tetap.(*)