161 Atlet Panahan Bersaing di Kejurprov


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Panahan Jambi tahun 2022  resmi dibuka oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Kemasyarakatan dan SDM H.Husairi pada Jumat (16/12/2022) di Stadion Persijam, Kota Jambi. 

Kejuaraaan yang akan berlangsung hingga 18 Desember mendatang diikuti oleh 11 Kabupaten/ kota di Jambi dengan jumlah 161 orang atlet. Dengan melombakan 19 nomor pertandingan dari 4 divisi. Yakni divisi Recurve, Compound, Nasional, dan Barebow. 

Ketua Perpani Jambi Heri Yanto mengatakan kejuaraan ini dilakukan dalam rangka mempererat silaturahmi sesama atlet panahan.

Disamping itu juga sebagai ajang uji tanding mengasah mental sekaligus untuk memantau dan mengevaluasi sejauh mana kemampuan atlet panahan Jambi.

"Ini juga menjadi test event untuk kesiapan masing-masing kabupaten kota untuk menghadapi Porprov Jambi tahun depan," kata Heri.

Sementara Ketua KONI Jambi Budi Setiawan menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya kejurprov. Ia mengatakan pagelaran event yang rutin setiap tahun manfaatnya sangat besar dalam mendukung upaya KONI Jambi meningkatkan prestasi terutama panahan.

"Panahan telah menunjukkan prestasinya meraih medali di PON. Terakhir PON  Papua berhasil meraih medali emas," ujar Budi.

"Semoga kejuaraan ini berlangsung sukses dan menghasilkan bibit-bibit atlet yang andal dan dapat menjadi kebanggaan kita semua di masa mendatang," harapnya.

Gubernur Jambi yang diwakili Staf Ahli Gubernur  H Husairi mengatakan cabang olahraga (cabor) panahan telah banyak menuai prestasi dan mengharumkan nama Jambi dipentas nasional. 

"Cabor ini tentunya menjadi harapan. Sebab berhasil menyumbang medali emas di PON," ujarnya.

Ia mengatakan, lahirnya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menjadi acuan olahraga nasional. Dimana Indonesia menargetkan masuk dalam 15 besar Olimpiade. Sehingga, Pemprov Jambi yakin kelak mereka akan bisa menjadi atlet terbaik yang berprestasi seperti yang diharapkan. Tentunya dengan pembinaan dan latihan yang baik. 

“Untuk itu, eksistensi para atlet, maupun keberadaan klub panahan, dirasa sangat penting. Dan selamat bertanding," katanya.(dar)