Dihadapan160 Kader PMII, Bang Al Beri Materi Teknik Lobi dan Bangun Jaringan

SWARAJAMBI.ID, JAMBI –Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jambi Kemas Alfarabi menjadi pemateri pada Pelatihan Kader Dasar (PKD) ke VII Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat STAI Ma'arif Kota Jambi di Aula MPW PP Talang Bakung, Kota Jambi, Minggu (11/12/2022).

Dihadapan 160 peserta PKD PMII se-Provinsi Jambi ini Kemas Alfarabi memberikan materi Teknik Lobi dan Membangun Jaringan kepada para kader PMII yang dalam PKD mengambil Tema Aktualisasi Nilai-Nilai PMII kader mudjahid dalam mendorong Gerakan Basis Intelektual dan Spritual.

Kemas Alfarabi mengawali dengan menjelaskan pengertian Lobi atau Negoisasi dan Membangun Jaringan atau Networking dalam berorganisasi, menjabarkan 5 tehnik lobi seperti menentukan lawan-kawan, tujuan, koalisi dan lain-lainnya. Kemudian 5 hal persiapan yang harus diperhatikan diantaranya identifikasi target, memperhatikan situasi kondisi, menjaga penampilan dan sebagainya.

Pada sesi tanya jawab Sekretaris Mabinda PKC PMII ini mengingatkan PMII sebagai organisasi eksternal kampus berbasis ideologis dalam menghadapi era sains, teknologi dan digitalisasi agar kader pergerakan komitmen melakukan transformasi teknologi dan membangun command center. 

"Sehingga PMII bisa menjadi key opinion leadership," pungkas Bang AL sapaan akrab Kemas Alfarabi

Terkait membangun jaringan menurut tokoh muda NU Jambi ini prinsip dasar networking adalah membangun kepercayaan dan pentingnya tehnik komunikasi dalam pencapaian target, selanjutnya menurut politisi PKB ini ada 8 aspek yang harus diperhatikan dalam membangun jaringan dan rekrutmen yang efektif.(*)