Malam Apresiasi ASN Berprestasi dan Lomba Inovasi Kota Jambi, Diskominfo Borong Dua Penghargaan Sekaligus

Kadis Kominfo Kota Jambi Abu Bakar bersama Walikota Sy Fasha dan Wawako Maulana usai terima penghargaan.

––-–––––––––––––––––––––--

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pemerintah Kota Jambi melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Jambi dan Bappeda Kota Jambi menyelenggarakan ajang Penghargaan ASN Berprestasi Tahun 2022 dan Lomba Inovasi Kota Jambi Tahun 2022 yang berlangsung di Aula Griya Mayang, Rabu (11/1/2023). Ajang apresiasi dan penghargaan kepada ASN dan OPD Pemkot Jambi itu, dihadiri langsung Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan Wakil Wali Kota Jambi Maulana, Sekda Kota Jambi, serta pejabat OPD Pemkot Jambi.

Ajang Penghargaan ASN Berprestasi dikatakan Walikota Fasha yang pertama dilaksanakan di Kota Jambi. Ajang ini untuk mendapatkan sosok ASN panutan yang telah menunaikan tugasnya dengan baik. Bahkan melampaui ekspektasi organisasi dan masyarakat. 

"Ajang Penghargaan ASN Berprestasi terdiri dari satu kategori yaitu kategori ASN Inspiratif," ujar Walikota.

ASN Inspiratif adalah sosok ASN panutan yang mampu mengilhami, menggerakan, membangkitkan dan mengobarkan semangat bagi diri dan lingkungannya untuk melakukan sesuatu yang positif dan berguna. "Penghargaan ASN Inspiratif diberikan kepada ASN terbaik yang patut diteladani, mampu menginspirasi dan memotivasi ASN dan atau masyarakat," terang walikota.

Ajang Penghargaan ASN Berprestasi Tahun 2022 melahirkan enam pemenang kategori ASN Inspiratif. Yaitu drh. Rospita Pane, M.E. tampil sebagai Juara 1 ASN Inspiratif Kota Jambi, disusul Achmad Romadoni Sani, S.E., M.Si. sebagai Juara 2, dan Deddy Mulyadi, S.T., M.E. sebagai Juara 3. Seluruh pemenang berhak mendapat tanda penghargaan, piala dan piagam serta hadiah berupa uang. Keenam ASN yang menjadi pemenang tersebut juga akan dinobatkan sebagai Duta ASN Kota Jambi, untuk menyebarluaskan pengaruh positifnya kepada seluruh ASN maupun kepada masyarakat.

Sedangkan Lomba inovasi daerah diselenggarakan untuk mendorong kompetisi positif di lingkungan pemerintahan Kota Jambi, serta dalam rangka peningkatan kinerja, pelayanan publik dan daya saing daerah. Selanjutnya, kompetisi ini juga diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan di daerah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Hal tersebut sesuai dengan visi Wali Kota Jambi "Penguatan Birokrasi dan Peningkatan Pelayanan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi" dan dengan sasaran "Meningkatkan Profesionalisme ASN dan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Berbasis TIK".

Penilaian Lomba Inovasi Daerah dilakukan kepada perangkat daerah yang telah berhasil melakukan inovasi daerah, baik yang bersifat konvensional maupun berbasis teknologi informasi. Terdapat tiga kategori Lomba Inovasi Daerah Kota Jambi Tahun 2022, yaitu Kategori Inovasi Tata Kelola Pemerintah Daerah, Kategori Inovasi Pelayanan Publik dan Kategori OPD Terinovatif.

Kali ini, Diskominfo Kota Jambi kembali memborong dua penghargaan sekaligus, yaitu inovasi terbaik Kategori Tata Kelola Pemerintahan dan Kategori OPD Terinovatif. Bagian UKPBJ Setda Kota Jambi menjadi Terbaik 2 Kategori Tata Kelola Pemerintahan, dan BPKAD Kota Jambi Terbaik 3 Kategori Tata Kelola Pemerintahan. Untuk Kategori Inovasi Pelayanan Publik Terbaik, tampil sebagai juara 1 Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Jambi, Juara 2 Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi dan Juara 3 Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Jambi.

Walikota  Syarif Fasha kembali mengingatkan pentingnya sebuah daerah mengedepankan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Bagi dirinya, inovasi adalah solusi dalam mengatasi keterbatasan dan tantangan dalam memimpin suatu daerah.

"Sejak awal menjabat saya dihadapkan dengan berbagai keterbatasan, baik dana, sumber daya manusia dan sumber daya lainnya diberbagai sektor. Namun saya tidak kehilangan akal, membangun Kota Jambi bisa dengan inovasi. Inovasi yang dibutuhkan dan bermanfaat untuk mengakselerasi pembangunan. Kapal besar Kota Jambi ini telah melewati target awal pembangunan, berkat inovasi. Jika tidak berinovasi, Kota Jambi tentunya tidak akan maju pesat seperti saat ini," beber Fasha.

Fasha juga menguraikan bahwa determinasi Kota Jambi untuk terus berprestasi membuahkan hasil dengan diperolehnya berbagai raihan penghargaan untuk Kota Jambi. Pada tahun 2022 Pemkot Jambi dibawah kepemimpinan Fasha-Maulana membukukan 54 jenis penghargaan. Total penghargaan yang telah diperoleh oleh Syarif Fasha sejak menjadi Wali Kota Jambi adalah sebanyak 306 penghargaan, yang terdiri dari 80 penghargaan tingkat Provinsi Jambi, 224 penghargaan tingkat nasional dan 2 penghargaan tingkat internasional.

"Seluruh penghargaan ini yang membuat Kota Jambi dikenal ditingkat nasional maupun internasional. Penghargaan ini bukan hasil kerja Fasha, Maulana atau Abdullah Sani pada periode pertama, namun ini didukung oleh Bapak-Ibu semua, mulai dari aparatur kelurahan, kecamatan, OPD, TKK, PHL, PTT, cleaning service, tenaga pengamanan, semua pihak di Kota Jambi. Tidak ada one man show. Tidak ada Wali Kota sehebat dan sepintar apapun jika tidak didukung oleh bawahan," pungkas Fasha

Dibawah duet kepemimpinan Fasha-Maulana Kota Jambi telah bertransformasi menjadi Kota Cerdas yang maju dan terus berkreasi dalam meningkatkan inovasi dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Menerapkan kebijakan "one agency, one innovation", Fasha-Maulana mampu mendorong iklim inovasi dilingkungan Pemerintah Kota Jambi. Inovasi-inovasi yang terus digunakan untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan dan layanan publik yang baik kepada masyarakat.

Kedepan, Fasha berharap seluruh inovasi yang lahir dari perangkat daerah di Kota Jambi tidak hanya dinilai dari satu sisi, namun harus dibangun dan dinilai secara kompleks dan paripurna, sehingga inovasi Kota Jambi bisa dipakai oleh daerah lain.

Beberapa waktu lalu, Kota Jambi juga mendapatkan penghargaan sebagai Kota Terinovatif dalam ajang penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2022 oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Ini kali kedua setelah sebelumnya pada tahun 2020, Kota Jambi juga meraih penghargaan yang sama. Ajang penganugerahan Innovative Government Award (IGA) sendiri adalah bentuk apresiasi Pemerintah kepada Pemda dalam penyelenggaraan pemerintahan yang inovatif. 

Kota Jambi pada tahun 2022 mengikutsertakan program inovasi Kampung Bantar (Bersih aman dan pintar) dan Aplikasi SIPADEK (Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Perkantoran) Kota Jambi pada ajang Innovative Government Award (IGA) 2022. Keduanya merupakan inovasi yang sama menjadi pemenang pada Lomba Inovasi Daerah Kota Jambi pada tahun 2022.(*)


Penulis: Rijal