MKGR Provinsi Jambi Support Ekspedisi Milir Berakit


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pinto Jayanegara yang merupakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi yang sekaligus Ketua Ormas MKGR Provinsi Jambi dan Ketua Yayasan Sahabat Sungai Batanghari (YSSB) menyampaikan kesannya terhadap ekspedisi milir berakit. 

Pinto mengatakan ekspedisi milir berakit digelar untuk menghidupkan kembali Sungai Batanghari sebagai urat nadi ekononomi dan transportasi di Jambi. 

"Kemudian menjernihkan kembali ekosistem di Sungai Batang hari," ujarnya kepada wartawan, Rabu (4/1/2023).

"Dua juta lebih masyarakat Jambi ini minum air sungai batanghari, ayo kita jernihkan. Kita tingkatkan kesadaran revitalisasi sungai batanghari dini," imbuhnya.

Ekspedisi milir berakit  tengah berlangsung dan merupakan yang pertama. Ekspedisi tersebut diadakan dari tanggal 30 Desember 2022 hingga 6 Januari. 

Kegiatan tersebut difasilitasi sebanyak 17 rakit. "15 unit rakit dari YSSB, 2 rakit dari swadaya masyarakat. Tim milir berakit dimulai dari Sungai Tembesi Sarolangun berakhir dan berlabuh di Sungai Batanghari tepatnya di taman tanggo rajo Kota Jambi," terang Pinto.

Lebih lanjut Ketua Panitia, Sigit  mengatakan YSSB khususnya tentang Sungai Batanghari, harus dijaga ekosistemnya.

" Yang disebutkan oleh ketua nantinya ke depan kita akan telusuri ada 9 anak sungai atau 9 lurah. Kemudian terkait percandian yang di sampaikan oleh Pak Pinto kenapa candi Muarajambi merupakan pusat kebudayaan berdasarkan penelitian ternyata ada ratusan candi selain candi Muara Jambi disepanjang aliran sungai batanghari sampai ke muara sabak. Bahkan di sabak pun ada candi," katanya.

Dengan diselenggaranya kegiatan ekspedisi milir berakit diharapkan mampu memberi semangat dan mengedukasikan kepada masyarakat betapa pentingnya mengenali sejarah dari fungsi sungai batanghari ini.(*)