Pertanyakan ADD Yang Menurun, Puluhan Kepala Desa Datangi DPRD Muarojambi






SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI -  Puluhan kepala desa (kades) di Kabupaten Muarojambi mendatangi DPRD Kabupaten Muarojambi, Senin (9/1/2023).  

Berseragam lengkap, para aparatur pemerintahan desa itu datang bersamaan sehingga terlihat berkelompok.

Wakil ketua DPRD Muarojambi, Junaidi dan Ahmad Haikal serta beberapa anggota dewan menyambut kedatangan para kades tersebut. Mereka kemudian diarahkan menuju ruang rapat yang ada di DPRD Muarojambi. 

Dari pertemuan tersebut akhirnya terungkap tujuan kedatangan para kades itu. Mereka  mempertanyakan  Anggaran Dana Desa (ADD) yang menurun dari tahun sebelumnya.

"Ya, kami mempertanyakan  sama dewan kenapa ADD  tahun 2023 ini yang kami terima menurun di bandingkan tahun sebelumnya," kata seorang kepala desa yang ikut dalam pertemuan.

"Tahun ini nilai ADD  jauh lebih kecil dan merosot. Penurunannya hingga Rp 100 juta,"  sambungnya.

Akibat ADD yang terjun bebas itu berdampak terhadap program desa. Karena ada program yang telah disepakati bersama dengan BPD dan tokoh Masyarakat tidak bisa dilaksanakan. 

"Ini sangat berpengaruh sekali terhadap program desa yang telah kami sepakati bersama dengan BPD dan tokoh masyarakat," sebutnya dengan nada sedikit kesal.

Para kepala desa  berharap,  Pemkab Muarojambi dapat menyikapi hal tersebut dan memberikan keterangan yang pasti terkait penyebabnya pengurangan  tahun 2023.

"Harus ada jawaban dari pemerintah kabupaten," pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, puluhan kepala desa masih melaksanakan hearing dengan DPRD Muaro Jambi di ruang rapat gabungan.(*)


Penulis : Darmanto Zebua