Salut, Bupati Romi Sondingkan UMKM dengan Indomaret

Bupati Romi Hariyanto memberi penjelasan terkait produk kepada pelaku UMKM di Muarasabak.

––––––––––––-–––--–-–--–


SWARAJAMBI.ID, MUARASABAK – Sebuah terobosan mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) naik kelas digagas bupati Tanjungjabung Timur H Romi Hariyanto. Romi juga  memastikan produk UMKM Tanjab Timur bisa masuk ke gerai Indomaret yang ada di wilayah Tanjabtim.  Saat ini sudah ada lima gerai Indomaret di Tanjabtim. 

Romi mengatakan kerjasama itu disambut baik manajemen Indomaret. Nantinya diupayakan seluruh produk unggulan UMKM masuk gerai Indomaret. Bahkan pihak Indomaret sudah menyiapkan Goldenspace bagi produk UMKM.

Goldenspace adalah tempat khusus dan paling diminati oleh vendor Indomaret. Posisinya persis dekat pintu masuk Indomaret sehingga mudah terlihat konsumen. 

“Namun tentu saja kualifikasi produk UMKM yang diakomodir harus sesuai standar Indomaret, saya berharap UMKM untung Indomaret juga untung,” jelasnya di hadapan 75 UMKM yang ikut pelatihan Indomaret, di ruang pola kantor bupati, Kamis (19/1/2023). 



Romi juga dengan tegas memerintahkan Dinas Kesehatan dan Dinas Perindag untuk membantu percepatan pengurusan PIRT dan sertifikasi halal yang menjadi salah satu prasyarat agar produk UMKM Tanjabtim dapat diterima di gerai Indomaret. 

Head office Indomaret pusat, Wibi Budiaksono yang hadir langsung bersama Romi di acara pelatihan menyebut bahwa Indomaret pada prinsipnya sangat mendukung gagasan Bupati Tanjabtim memacu UMKM untuk naik kelas. Karena itu mereka hadir di Muarasabak memberikan pelatihan untuk penguatan UMKM itu. 

“Tujuannya agar UMKM kita bisa bersaing di ritel modern maupun pasar e commerce,” ujar Wibi. 

Soal permintaan bupati agar tenaga kerja di setiap gerai menggunakan tenaga lokal, Indomaret juga akan menyepakatinya. 

Materi pelatihan yang sepenuhnya diakomodasi Indomaret meliputi pengolahan produk yg terstandar, kelengkapan perijinan, kemasan produk, tata cara pemasaran serta pemberian pengetahuan manajemen usaha. Selain itu juga materi kelembagaan dan pembiayaan terkhusus akses ke perbankan. 

Seluruh peserta pelatihan juga diberikan Impulse sealer secara cuma - cuma oleh Indomaret. Selain Indomaret juga memberikan doorprize berupa dua gerobak UMKM, Handphone, Blender dan kompor gas sebagai dukungan nyata pada UMKM Tanjabtim.

Sebanyak 120 produk UMKM yang ditampilkan pada saat acara juga akan diverifikasi agar bisa segera masuk outlet Indomaret. 

Terpisah, Kepala Dinas Perindag Tanjabtim Muhammad Awaluddin menjelaskan bahwa kerjasama Pemkab - Indomaret ini diharapkan bisa terus berkembang seiring tumbuhnya gerai Indomaret di Tanjabtim. Dia tak menampik kerjasama serupa akan dijajaki juga dengan ritel lain seperti Alfamart dan minimarket yang ada di daeah itu. 

“Kita akan terus mendorong UMKM kita bisa segera naik kelas. Kami sebagaimana arahan Pak Bupati tadi akan berupaya menjalin kemitraan yang baik agar sinergi UMKM dengan pasar modern bisa berjalan optimal. Kita targetkan tumbuhnya UMKM kita bisa mengurai soal lapangan pekerjaan sekaligus menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat secara luas,” kata Awaluddin.*



Penulis: Erik