Bupati Romi Dukung Usulan Pemindahan Kantor Pusat PetroChina ke Jambi

SWARAJAMBI.ID, MUARASABAK – Bupati Tanjungjabung Timur, Romy Haryanto mendukung usulan pemindahan Kantor pusat PetroChina International Jabung Ltd ke Jambi. Bahkan dia siap menjadi garda terdepan sepanjang usulan pemindahan ini untuk kepentingan Jambi.  

Pernyataan Romi itu disampaikannya saat menerima delegasi Jambi Menggapai Keadilan (JMK), sebuah komunitas grup diskusi via WA yang anggotanya dari berbagai latar belakang, Selasa (7/2/2023).

"Untuk kepentingan Jambi, saya siap," ujar Romi, dengan tegas. 

Upaya pemindahan kantor pusat sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang migas tenyata juga pernah dilakukan oleh masyarakat dan Pemerintah Riau beberapa tahun lalu. Mereka berhasil memindahkan kantor pusat Chevron di Jakarta ke Riau. 

"Upaya harus intens dan didukung semua pihak. Insyaa Allah bisa terjadi seperti Chevron ke Riau," kata Romi.

"Tentu akan banyak manfaat positifnya jika kantor pusat mereka berada di daerah yang bersangkutan. Selain mempersingkat urusan administrasi, yang lebih penting lagi adalah adanya kedekatan secara emosional antara pihak perusahaan dengan masyarakat setempat yang saling menguntungkan," sambungnya.

Desakan agar manajemen Petrochina memindahkan kantor pusatnya ke Jambi tentunya bukan tanpa alasan. Hal ini terkait dengan perpanjangan kontrak kerja Petrochina dengan SKK Migas serta hingga tahun 2043 mendatang serta Jambi adalah salah satu area pengeboran terbesar Petrochina di Indonesia.(*)


Penulis: Erik