Gandeng Satgas Pangan, TPID Kota Jambi Siap Awasi Kebutuhan Pokok di Pasaran


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Jambi kembali menggelar rakor bersama Satgas Pangan Kota Jambi serta stake holder terkait di Aula Bappeda Kota Jambi, Rabu (1/2/2023).

Ketua TPID Kota Jambi, A Ridwan mengatakan, rakor ini perlu dilakukan mengingat, Pemkot Jambi terus berupaya mengendalikan angka inflasi.

Pada Desember tahun 2022 lalu, inflasi Kota Jambi berada pada angka 6,39 persen.  

“Kita harus mewaspadai angka inflasi, sebab ada beberapa komoditi yang dikhawatirkan berangsur naik, menghadapi bulan suci Ramadan mendatang,” kata A Ridwan, yang juga menjabat sebagai Sekda Kota Jambi ini.

Kata dia, tahun 2023 ini ada beberapa komoditi yang dikhawatirkan berangsur naik. Seperti beras, cabai, bawang, kentang dan beberapa lainnya.

“Tapi stok beras disebut Bulog masih cukup. Hanya saja kita takut ada permainan dari agen dan distributor, ini yang patut kita waspadai,” terangnya.

Untuk itu lanjutnya, TPID Kota Jambi menggandeng Satgas Pangan Kota Jambi untuk melakukan pengawasan. Agar angka inflasi di Kota Jambi bisa stabil.

“Apalagi mengingat saat ini kemacetan kerap terjadi gegara angkutan truk batu bara. Sehingga harga komoditi seperti cabai naik, lantaran ongkos mereka ke Kota Jambi juga naik,” jelasnya.

Untuk itu dijelaskannya, Satgas Pangan Kota Jambi berperan dalam hal ini. Bersama TPID Kota Jambi, bertugas dan bertanggungjawab menurunkan angka inflasi.

“Bulog siap intervensi pasar, sementara BI akan membantu cost angkut dari daerah penghasil ke daerah tujuan. Teknisnya berada di mereka,” jelasnya.

Nantinya pihaknya akan menyampaikan hasil rakor tersebut ke TPID Provinsi Jambi dan mensinkronisasikan program apa yang akan dilakukan untuk menekan dan mengendalikan angka inflasi, teruntuk khusus di Kota Jambi.(*)


Penulis: Rijal