Masalah Sampah di Bungo, Kapan Kelarnya?


SWARAJAMBI.ID, MUARABUNGO - Permasalahan sampah  di Kota Muara Bungo terus menjadi sorotan masyarakat.  Pasalnya, hingga hari ini limbah rumah tangga yang diributkan tersebut  masih terlihat menumpuk dan menghiasi wajah Kota Muara Bungo. 

Bahkan menumpuknya sampah telah menyebabkan akses jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kampung Benit, Kecamatan Rimbo Tengah,  berlumpur. Yang mengakibatkan  banyak truk pengangkut sampah sulit untuk masuk dan menurunkan muatan sampah, yang diangkut dari kota Muara Bungo. Hal ini tentu menjadi terganggu dan diperparah saat musim hujan sekarang.

Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo, Zulkarnain mengatakan, terkait menumpuknya sampah di wilayah kota Muara Bungo, diakibatkan akses jalan menuju TPA ada beberapa titik yang rusak.

“Kalau hari panas tidak ada masalah bagi kami untuk mengangkut sampah rumah tangga yang ada di wilayah kota Muara Bungo. Tapi karena akses jalan ada yang rusak terpaksa harus bekerja ekstra untuk sampai ke TPA,” ujar Zulkarnain.

Dijelaskannya, untuk perbaikan titik terparah jalan itu, memang harus didukung dengan anggaran yang cukup.

Setiap tahun sudah diajukan masalah pemeliharaan aksesnya, tapi belum juga disetujui di pembahasan DPRD kabupaten Bungo.

“Kesulitan kami bila hari hujan saja namun kalau hari panas tidak ada persoalan. Bila tidak dibantu dengan alat berat milik dinas PU maka, akses mobil pengangkut sampah tentu terganggu, dan sampah di kota akan menumpuk,” katanya.

Terpisah, Sekretaris Dinas PUPR Bungo, H Hasbi dikonfirmasi membenarkan akses jalan menuju TPA di kampung Benit, Rimbo Tengah ada beberapa titik yang rusak dan itu memerlukan perbaikan. Tentu PU akan membantu alat berat bila ada yang rusak.

“Sekarang alat berat ada di lokasi untuk memperbaiki beberapa titik jalan ke TPA yang rusak. Untuk perbaikan tahun ini akan kami lakukan awal tahun ini. Sekarang kita menunggu dana cair segera diperbaiki,” ujar Hasbi.(*)