Bukan Dispora Lagi, Rekrutmen Paskibraka Kewenangan Kesbangpol


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Rekrutmen Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Kota Jambi mulai dilakukan Pemerintah Kota Jambi. Hanya saja pendaftaran tahun ini berbeda, dibandingkan tahun sebelumnya. Bila tahun lalu dilakukan melalui Dispora Kota Jambi, tahun ini pendaftarannya melalui Kesbangpol Kota Jambi.

Pasalnya, Sekda Kota Jambi, A Ridwan mengungkapkan tahun ini rekrutmen Paskibraka mulai tingkat daerah sampai  Nasional diwajibkan melalui tahapan seleksi program Pendidikan Ideologi Pancasila (PIP). Hal tersebut berdasarkan implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera.

“Untuk peralihan, di mana sebelumnya melalui Dispora. Sekarang ada regulasi baru, jadi ke Kesbangpol. Intinya,  maka pihak Kesbangpol harus mengakomodir berbagai persiapan dan tahapan rekrutmen Paskibraka Kota Jambi,” ujar A Ridwan usai rapat koordinasi peralihan kewenangan rekrutmen Paskibraka dari Dispora Kota Jambi ke Kesbangpol Kota Jambi, Selasa (28/2/2023).

Di samping itu kata A Ridwan, diharapkan Paskibraka Kota Jambi tahun ini bisa memberikan penampilan yang apik dan lebih baik dari sebelumnya, di bawah pengelolaan Kesbangpol Kota Jambi.

“Termasuk tetap melibatkan pembina, instruktur dari TNI-Polri. Ini juga untuk mendukung tahapan seleksi,” singkatnya.

Meski demikian, A Ridwan menyebutkan, ada beberapa hal yang menjadi evaluasi. Di mana panitia diharapkan dapat lebih ketat melakukan seleksi calon anggota Paskibraka.

“Jadi tidak ada lagi laporan-laporan atau saling membandingkan dari para orang tua. Harus disiapkan berita acara, dokumen administrasinya penting,” jelasnya.

Termasuk di antaranya mengenai atribut Paskibraka tahun ini, diharapkan dapat lebih kompleks dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Kita juga ingin memberikan suguhan yang terbaik, di akhir masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Jambi,” timpalnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Jambi, Raden Jufri menyebutkan, saat ini sudah dilakukan tahapan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Khususnya tingkat SMA di Kota Jambi, perihal rekrutmen anggota Paskibraka Kota Jambi.

“Sejak 28 Februari sudah tahapan sosialisasi sekaligus pendaftaran hingga 8 Maret mendatang. Pendaftaran bisa online dan offline,” kata dia.

“Sudah mulai tahap pendaftaran lanjut seleksi. Tahap seleksi seperti tes kesehatan di lapangan tenis Disdik Kota Jambi, seleksi PBB dan lainnya,” tutupnya.(*)



Penulis: Rijal