Target PBB Tercapai, Pemkot Beri Reward Lurah dan Camat

SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Wakil Wali Kota Jambi, Maulana didampingi Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Jambi, Nella Ervina, memberikan apresiasi kepada kelurahan yang mencapai Pajak Bumi Bangunan (PBB) diatas 100 persen.

"Kami mengumpulkan lurah dan camat dan memberikan apresiasi lurah yang target di atas 100 persen dan batas waktu pembayaran di bawah 30 September," jelas Maulana, Senin (27/2/2023).

Maulana mengatakan, dalam beberapa waktu terakhir, Pemerintah Kota Jambi berhasil mencapai target PBB yang diberikan. Sehingga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jambi.

"Alhamdulillah Kota Jambi saat ini dua tahun terakhir dari PBB yang ditargetkan 101 persen tahun ini 102 persen. Keberhasilan kita untuk meningkatkan PAD dari PBB," ujarnya.

Ia mengatakan, keberhasilan capaian realisasi PBB ini merupakan bentuk kerja sama dan komitmen bersama antara masyarakat, pemerintah yang dibantu oleh Ketua RT hingga lurah. Sehingga Pemerintah Kota Jambi memberikan apresiasi dan  hadiah (reward).

Untuk diketahui, ada tujuh kategori yang diberikan Pemkot Jambi kepada kelurahan yang berhasil mencapai target PBB. Salah satunya  kategori kelurahan dengan PBB di atas Rp800 juta, yaitu kelurahan Paal Merah, Payo Selincah dan  Pasir Putih.

Sebelumnya, masyarakat Kota Jambi yang telah berkontribusi membayarkan pajak daerahnya, juga diberikan penghargaan pada Malam Anugerah Pajak, Januari lalu.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan, Kota Jambi merupakan kota barang dan jasa. Sehingga pajak daerah merupakan unsur Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang digunakan untuk pembangunan Kota Jambi.

"Kami pemerintah daerah tidak menaikkan pajak, tapi mengoptimalisasi bagaimana memaksimalkan potensi pajak," ujarnya.

Diketahui, realisasi pajak di Kota Jambi mengalami peningkatan setiap tahunnya. Di mana pada tahun 2022 lalu, realisasi pajak di Kota Jambi mencapai lebih dari Rp304 miliar.


"Kami sekali lagi ucapkan terima kasih dan juga kepada wajib pajak yang belum maksimal, kami himbau untuk bisa melaksanakan kewajiban-kewajibannya," kata Fasha.

Ia berharap, di tahun 2023  realisasi pajak di Kota Jambi bisa terus meningkat dan lebih optimal.(*)




Penulis: Rijal