Tingkatkan Kompetensi, ASN Kota Jambi Ikuti Pelatihan DTS


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Guna mendukung akselerasi transformasi digital di instansi pemerintah, khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di lingkungan Pemkot Jambi, Diskominfo Kota Jambi kembali menggelar pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) tahun 2023, Selasa (14/2/2023).

Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar menyebutkan, dengan bertemakan Government Transformation Academy (GTA), kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi ASN dalam mendukung akselerasi transformasi digital di instansi Pemerintah.

Tema-tema pelatihan pada program GTA ini dirancang, mulai dari tingkat basic skill yang berkaitan dengan literasi digital, intermediate skill yang menekankan peningkatan kompetensi teknis, hingga advance digital skiil yang menyasar ke para pengambil keputusan.

“Durasi pelatihan berbeda-beda sesuai dengan tema pelatihan,” kata dia.

Lanjut Abu Bakar, pelatihan DTA ini merupakan kerja sama tahun kedua bersama Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo RI, yang difasilitasi Pemkot Jambi.

“Ini merupakan perjanjian dan kesepakatan dengan Kominfo untuk peningkatan kualitas SDM di Bidang TIK,” tambahnya.

Lanjutnya, di bawah kepemimpinan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha dan Wakil Wali Kota Jambi, Maulana terus berkomitmen mempercepat program tranformasi digital di Kota Jambi.

“Dengan memfasilitasi berbagai kegiatan untuk masyarakat digital Kota Jambi. Ini relevan di zaman saat ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Balai SDM dan Penelitian Kominfo RI, Dea Rahman mengatakan, pelatihan ini dilakukan selama beberapa hari kedepan.

“Termasuk pelatihannya ada di beberapa tempat. Kegiatan ini merupakan suatu bentuk sinergitas antara Kominfo dan Pemda sendiri,” singkatnya.

Sementara Sekda Kota Jambi, A Ridwan menyebutkan, transformasi digital sangat perlu baik bagi ASN maupun TKK di lingkungan Pemkot Jambi.

“Kota Jambi merupakan contoh bagi kota dan kabupaten lainnya. Kota Jambi menerapkan smart city, sehingga sangat perlu adanya pelatihan seperti ini,” terangnya.(*)



Penulis: Rijal