Tuntut Guru Kreatif, Walikota Fasha Minta Pola Belajar Disesuaikan Perkembangan Zaman


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Tantangan perubahan zaman diharapkan dapat menjadi acuan bagi para guru di Kota Jambi untuk benar-benar serius dalam membentuk kualitasi diri maupun memberikan pelajaran bagi anak Bidik.
Wali Kota Jambi, Syarif Fasha pun meminta agar pola belajar para guru di tiap tingkatan sekolah di Kota Jambi agar dapat dirubah, mengikuti perkembangan zaman.
“Pola belajarnya diskusi, bukan berpatokan hanya mengajar. Kecuali memang mereka (murid,red) tidak bisa membaca,” jelas Fasha.
Untuk itulah, Fasha juga menekankan, agar para guru tidak membahas apa yang telah tertera di dalam buku sedemikian rupa. Namun guru dituntut dapat mengajarkan para siswa/siswi lebih cepat satu malam untuk pembelajaran selanjutnya.
“Cara belajar atau mengajari yang dirubah. Anak-anak dituntut untuk kreatif,” terang Fasha.
Tak hanya cara mengajar, Fasha juga beberapa waktu lalu menekankan sejumlah hal terhadap anggota PGRI di Kota Jambi. Seperti di antaranya, para guru yang tergabung dalam PGRI Kota Jambi, dapat meningkatkan kompetensi mereka.
“Zaman ini tidak bisa kita mengikuti pola belajar yang lama. Harus mereformasi kompetensi masing-masing,” sebut Fasha.
Kata Fasha, penekanan ini berlaku bagi seluruh anggota PGRI Kota Jambi, yang notabanenya adalah guru. Baik guru PNS maupun non PNS.
“Sudah 3 tahun belakangan vakum, lantaran Covid-19 . saya menekankan ke anggota PGRI, yang notabane para guru. Harus meningkatkan kompetensinya,” jelasnya.
Tak hanya itu, PGRI Kota Jambi juga diharapkan menjadi organisasi maupun wadah bagi para guru yang memperjuangkan para guru.
“Misal non ASN bisa menjadi P3K atau ASN, atau bahkan hal-hal lainnya yang perlu diperjuangkan,” timpalnya.
Untuk itu, tinggal lagi anggota PGRI merasa membutuhkan organisasi tersebut. Selain penekanan tersebut, Fasha juga berharap, para anggota PGRI kota Jambi dapat menjaga kekompakkan.
“Jangan ada gap atau pembatasan kelompok, padahal dalam satu oranisasi. Ini tidak boleh terjadi,” tegas Fasha.(*)


Penulis: Rijal