Walikota Fasha Resmikan ELSA untuk Kemajuan Smart City

Walikota Jambi Sy Fasha resmikan ELSA.


SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Wali Kota Jambi, Syarif Fasha meresmikan keberadaan Electrifying Life Style Area (ELSA) di kawasan Tugu Keris Siginjai Sakti, Kotabaru, Kota Jambi, Selasa (7/2/2023). ELSA ini untuk mendukung kemajuan Smart City di Kota Jambi.

Walikota dua periode ini mengatakan, melalui keberadaan ELSA tersebut, PLN Cabang Jambi coba menjangkau para pelaku UMKM di kawasan Tugu Keris Siginjai Kota Jambi.

Sebab dengan keberadaan ELSA itu para pelaku UMKM di kawasan Tugu Keris Siginjai Sakti bisa menghemat biaya pengeluaran selama berjualan.

“Dengan adanya ELSA ini menjadikan tahapan Kota Jambi, naik menjadi Kota Smart City. Kita tidak ingin lagi bergantung dengan BBM berbahan fosil, maka dari itu kehadiran ELSA ini bisa menghemat biaya pengeluaran para pedagang,” kata dia.

Selain kehadiran ELSA di kawasan Tugu Keris Siginjai Sakti, kata Fasha, PLN Cabang Jambi juga menggelontorkan sejumlah bantuan. Seperti kompor listrik, gerobak listrik dan lainnya.

“PLN memberikan kontribusi terhadap 218 pedagang di kawasan ini. Tadi (kemarin,red) saya sudah interview pedagang. Dalam sebulan mereka bisa menghemat biaya pengeluaran mencapai ratusan ribu rupiah. Tanpa menggunakan genset. Tapi ini semua bertahap,” jelasnya.

Tak hanya itu,  di Kota Jambi saat ini juga telah ada 13 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang tersebar di beberapa titik.

“Untuk itu saya berpesan tak hanya ke masyarakat, tapi juga pedagang agar dapat menjaga fasilitas yang telah disediakan ini,” harap Fasha.

“Sebab, jika fasilitas ini tak dijaga dan rusak. Tentu bukan hanya merugikan kami (pemerintah,red) saja. Tentu juga pedagang yang berjualan di area ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Jambi,  Martha Adi Nugraha mengatakan, kehadiran ELSA tersebut merupakan inovasi lanjutan dari keberadaan SPLU sebelumnya. ELSA sendiri merupakan gaya hidup baru dalam mengkonsumsi listrik.

“Bantuan-bantuan ini dilakukan secara bertahap. Ini juga kolaborasi kita dengan pemerintah untuk menambah benderang di kawasan Tugu Keris Siginjai Sakti. ELSA bentuk komitmen kami menggerakkan roda ekonomi di Kota Jambi, sehingga tidak bergantung lagi dengan genseat,” tutupnya.(*)



Penulis: Rijal