Wawako Maulana Buka FKP RDP Kota Jambi


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Sesuai dengan Inmendagri Nomor 52 Tahun 2022 tentang penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah bagi daerah dengan masa jabatan Kepala Daerah berakhir pada tahun 2023 dan otonom baru, maka Pemkot Jambi membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) Rencana Pembangunan Daerah (RPD), Kamis (23/2/2023).

Di mana hal ini dilakukan sebagai Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Transisi, yang akan dijadikan pedoman untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dalam kurun waktu 3 tahun. Mulai tahun 2024-2026 yang akan dilaksanakan oleh pejabat Walikota dan Wakil Walikota Jambi.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana menyebutkan, FKP RPD Kota Jambi tahun 2024-2026 dan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Jambi Tahun 2024 ini, melibatkan sejumlah pihak. Seperti OPD lingkungan Pemkot Jambi, akademisi hingga oragnisasi dan lainnya.

“Sesuai dengan amanat Mendagri, bagi kepala daerah yang mengakhiri masa jabatannya di tahun 2023, memiliki kewajiban untuk menyusun rencana pembangunn daerah 2024-2026,” terangnya.

Kata Maulana, ini dilakukan agar, pembangunan di Kota Jambi dapat terus berkelanjutan. Tidak terputus,  sampai dengan proses demokrasi terpilih pimpinan baru.

“Secara umum kami sudah memaparkan di lintas sektor akademisi, orgnisasi dan lainnya. Termasuk apa yang akan dibangun pada tahun 2024-2026,” bebernya.

Seperti sebut Maulana, tentang isu-isu strategis. Meliputi masalah banjir, kemacetaqn, ekonomi, pengembangan UMKM, dan lainnya.

“Ini lanjutan program Kota Jambi Terkini. Kalau komitmen tentu semua akan terwujud,” terangnya.

Lebih lanjut, FKP ini merupakan satu tahapan substansi yang wajib dilalui dalam penyusunan RPD Kota Jambi. Yang bertujuan untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh unsur pemangku kepentingan pembangunan daerah.

“Yang hasilnya akan menjadi input dalam proses penyempurnaan rancangan RPD Kota Jambi, menjadi rancangan akhir RPD Kota Jambi Tahun 2024-2026,” jelasnya.

“Ini juga menjadi momentum dalam merangkum semua persoalan yang terjadi di Kota Jambi, sekaligus merancang seluruh tahapan solusi hingga penyelesaiannya,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Jambi, Pangeran Simanjuntak mengapresiasi atas pemaparan yang dilakukan Wawako Maulana dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, Kota Jambi ada banyak kemajuan pembangunan di bawah kepemimpinan Wako Syarif Fasha dan Wawako Maulana.

“Rencana kedepan juga kita apresiasi. Program-program yang direncanakan semoga dapat terjawab dan memberikan solusi. Mulai dari banjir hingga UMKM dan lainnya. Kita harap dapat berkelanjutan, dan tetap kita dukung  dengan memberikan masukan agar lebih baik lagi,” singkatnya.(*)



Penulis: Rijal