Hadapi Bulan Ramadan 1444 H, TIPD Kota Jambi Cek Pasar

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Bulan suci ramadan 1444 H/2023 hanya tinggal menghitung hari. Acap kali, jelang bulan ramadan tiba selalu ditandai dengan melambungnya sejumlah harga bahan pokok di pasaran. Khususnya di Kota Jambi.

Untuk itu, kemarin Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Jambi meninjau sejumlah pasar, Senin (20/3/2023). Seperti di antaranya, Pasar Angso Duo Modern, Swalayan Meranti serta gudang beras dan gula di kawasan Kelurahan Talangbaku, Kecamatan Paalmerah.


Ketua TPID Kota Jambi, A Ridwan yang juga menjabat sebagai Sekda Kota Jambi menyebutkan, sidak pasar tersebut juga dilakukan untuk mengetahui stok bahan pokok yang tersedia di pasar.


“Dari hasil tinjauan, stok yang ada sudah mencukupi kebutuhan di Kota Jambi,” kata dia, kemarin.


Apalagi sebut Ridwan, Kota Jambi turut menjadi pilihan masyarakat kota/kabupaten tetangga, untuk memperoleh maupun memenuhi kebutuhan pokok. Khususnya jelang ramadan mendatang.


Disamping itu, ditegaskan Ridwan, pihaknya akan selalu mengawasi hingga memonitor kondisi harga kebutuhan di pasaran. Tentunya, pihaknya juga akan lakukan intervensi.


“Memang ada beberapa item yang merangkak naik. Termasuk telur, harganya bervariasi. Tergantung ukuran,” jelasnya.


Sementara itu, pihaknya juga menjadwalkan, hari ini, Selasa (21/3/2023) akan mengundang sejumlah agen maupun distributor di Kota Jambi, melalui Bagian Perekonomian Setda Kota Jambi.


“Pemanggilan ini untuk bertukar pikiran dan mencari cara atau mengantisipasi kenaikan harga,” kata dia.


Ditambahkan Ridwan, dari hasil tinjauan itu pula, kenaikan harga ini masih akan terjadi hingga H-1 jelang bulan suci ramada.


“Termasuk pertengahan puasa dan jelang Idul Fitri. Ini yang akan kita antisipasi segera,” tutupnya.(*)


Penulis: Rijal