Persiapan Pra PON, Percasi Jambi Kirim 22 Atlet ke Kejurnas

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jambi mengutus 22 pecatur terbaiknya untuk merebut titel juara dalam kejuaraan nasional (Kejurnas) Catur yang berlangsung di Arena Pekan Raya Jakarta, 13-20 Maret 2023. Tim ini dikawal dua ofisial yang mendapat tugas langsung dari Percasi Jambi. 

"Satunya merangkap manajer," ujar Ketua Pengprov Percasi Jambi Anwar Harminto kepada Tirasjambi.com, Senin (13/3/2023). 

Anwar juga menuturkan, 22 atlet catur yang menjadi utusan Percasi Jambi mengikuti nomor-nomor pertandingan yang dipertandingkan pada kategori junior dan senior serta veteran. Yang junior diperkuat 15 atlet. Masing-masing delapan putra dan 7 putri. 

"Yang lainnya senior," ujar Anwar. 

Anwar menambahkan Kejurnas Catur ini menjadi ajang pemanasan Percasi Jambi dalam rangka menghadapi Pra PON Tahun 2023 ini. Selain itu Kejurnas ini juga menjadi satu ujian bagi para atlit catur Jambi untuk dipromosikan ikut Pra PON 2023 nanti.

"Jadi mereka harus menunjukan kemampuan terbaiknya di kejurnas ini," kata Anwar.

Sekum Percasi Jambi Hendri Hutabarat menambahkan para pecatur yang dikirim merupakan atlet yang berprestasi dan juara pada Kejurprov Catur tahun lalu. 

Kejurnas ini menjadikan momentum dalam rangka menambah jam terbang, dalam rangka persiapan Porwil di Riau pada September 2023 khusus yang putra. Dan persiapan pecatur putri untuk mengikuti Pra PON di Jakarta.

"Intinya untuk persiapan para atlet kita untuk meraih tiket PON Sumut dan Aceh," katanya.

Bersama dengan Kejurnas ini, kata Hendri, juga akan diadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Percasi yang diikuti semua provinsi.

"Ada juga penataran wasit dan pelatih. Tentunya berlisensi nasional," tutupnya.(*)