Ini Pesan Fasha ke Warga, Waspadai Potensi Kebakaran dan Gangguan Keamanan

Walikota Jambi Sy Fasha


SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Walikota Jambi Sy Fasha   mengimbau masyarakat waspada saat mudik. Terutama memastikan kondisi rumah aman saat ditinggalkan ke kampung halaman. Satu di antara potensi yang harus diwaspadai warga adalah bahaya arus pendek. Apabila hal ini tak diantisipasi, bisa menyebabkan kebakaran besar.

"Pastikan  terlebih dahulu instalasi listrik dan gas dalam keadaan aman. Hal ini guna antisipasi terjadinya kebakaran," ujar walikota mengingatkan warga Kota Jambi yang akan mudik lebaran, Senin (17/4/2023).

Fasha mencontohkan berbagai peralatan yang bisa memicu tegangan arus pendek. Misalnya, kabel atau peralatan elektronik seperti kipas, kabel rol, dan sebagainya dilepas agar tidak terjadi korsleting listrik.

Sumber listrik yang menjangkau masing-masing peralatan harus dipastikan terputus. “Kalau ditinggal lama sebaiknya dilepas saja, jangan hanya di-off-kan saja,” saran Fasha.

Walikota juga meminta warga yang akan mudik memberitahukan ke tetangga atau keluarga terdekat.

“Bisa titipkan kunci kepada tetangga atau ketua RT. Apalagi kalau meninggalkan kendaraan di rumah, maka harus dikunci dengan baik. Terakhir, bagi yang mudik pakai kendaraan pribadi,pastikan kendaraan itu dalam keadaan prima dan siap untuk digunakan,” pungkasnya.(*)


Penulis: Rijal