Jangan Ada Unsur Kedekatan dan Politik, Berikut 14 Nama Dewas Perumda Tirta Mayang


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI- Panitia Seleksi Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Tirta Mayang Kota Jambi Periode 2023-2027 telah mengumumkan hasil psikotes, Selasa (11/4/2023). Totalnya, ada 14 pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat dan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Berdasarkan keterangan Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar melalui Laman Website WWW.JAMBIKOTA.GO.ID, nama-nama yang memenuhi syarat tersebut antara lain: Dr Rita Friyani, SE MSc, Ahmad Shukri, Suherman, Dr H Zamzami, Dr H Ahmad Nazori, SE, SH, MH, Yoppy Wira Adie Setyantoro, Sasli Rais, MM, Yasir Riady, Armeida Rezki, Machruzar, ST, Sigit Indrawijaya, SE MSc, M Andri Alvarabi, SE ME, Siti Umi Kalsum, ST, M Eng, dan Syahrul Riadi, SE. 

"Calon Dewan Pengawas yang dinyatakan memenuhi syarat berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) yang dijadwalkan mulai dari 12 April - 14 April 2023," pungkasnya. 

Terpisah, Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Absor Hasibuan mengatakan dalam penyeleksian Dewas Perumda Tirta Mayang, bisa dilakukan secara transparan.

"Kemampuan sebagai Dewas harus benar-benar diuji, jangan sampai pemilihan Dewas ini, ada karena unsur kedekatan, dan unsur politis sehingga ditempatkan di posisi tersebut," ujar Absor.

Dia berharap, dewan pengawas yang akan dipilih oleh pemerintah tersebut meliputi tiga unsur yaitu dari unsur pemerintah, unsur akademisi, dan tokoh masyarakat. 

"Makanya saya berharap orangnya benar-benar mumpuni, dan bisa bekerjasama dengan jajaran direksi, dan agar BUMD itu lebih baik lagi kedepannya," pungkasnya.

Sebelumnya, masa kerja Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Tirta Mayang telah berakhir. Untuk mengisi posisi tersebut, Pemkot Jambi melalui Bagian Perekonomian Setda Kota Jambi membuka rekrutmen dewan pengawas. Proses seleksi dilakukan mulai 27 Maret hingga 31 Maret 2023. 

Kata Abu Bakar, seleksi tersebut dibuka karena dewan pengawas yang lama sudah habis masanya. Kebijakan membuka peluang rekrutmen calon anggota dewan pengawas (Dewas) perusahaan daerah ini dilakukan sebagai wujud dan target Pemerintah, untuk membuat lembaga Perumda Tirta Mayang itu menjadi perusahaan yang lebih maju serta membaik. 

"Seleksi ini tidak dipungut biaya atau gratis," katanya.

Dia juga mengatakan, jika seleksi ini dilakukan secara transparan dan akuntabel. Sebab, pemerintah menginginkan kandidat yang terpilih nantinya bisa mambawa kemajuan terhadap perusahaan daerah. 

"Proses rekrutmen tidak hanya sekadar untuk melengkapi jajaran birokrasi manajemen Tirta Mayang, akan tetapi melalui rekrutmen dapat menggali sifat integritas, kapabilitas, dan independensi para calon dewan pengawas," katanya.

Ia menambahkan, dengan proses rekrutmen yang baik, diharapkan lahir Dewan Pengawas yang paham peran dan tanggung jawab pada sektor air bersih, akan dapat memantau dan melakukan evaluasi terhadap sektor air bersih dan sanitasi untuk memastikan terwujudnya perbaikan kebijakan dan rencana investasi.(*)



Penulis : Rijal