Maulana Soroti Sampah di Kawasan Aurduri, Kiki : Kurang Sadarnya Masyarakat


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Jalan lintas Jambi-Sengeti di kawasan Aurduri, Kecamatan Telanaipura, mendapat sorotan Wakil Wali Kota Jambi, Maulana. Pasalnya, pada pintu masuk Kota Jambi itu banyak sampah berserakan di kedua sisi pinggir jalan. Tentu saja, pemandangan tersebut memberikan citra buruk bagi Kota Jambi.

Kabid Pengelolaan dan Mobilitas Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi, Kiki menyebutkan, banyaknya sampah di kawasan tersebut di antaranya disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap menjaga kebersihan.

Selain itu kata dia, lantaran lokasi yang berada di jalan lintas, banyak para pengendara atau masyarakat luar Kota Jambi yang membuang sampah di sana.

"Di sana sudah sering kita lakukan bersih-bersih. Namun memang, karena lokasinya di jalan lintas, banyak pengendara luar kota yang buang di sana," kata Kiki, Rabu (26/4/2023).

Untuk itu belum lama ini, pihaknya telah menurunkan alat berat dan beberapa mobil sampah serta petugas kebersihan untuk membersihkan sampah di wilayah tersebut.

"Sudah kita bersihkan. Kalau melihat kewenangannya itu merupakan wilayah kewenangan Kecamatan untuk membersihkannya. Tapi sudah kita koordinir belum lama ini," jelas Kiki.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengaku prihatin terkait kondisi sampah di lokasi tersebut. Apalagi belum lama ini, Kota Jambi telah menerima piala Adipura. Untuk itu, ia berharap dinas terkait dapat memperhatikan hal ini.

"Kita malu lah sampah berserakan. Percuma kita dapat piala Adipura, ini tentu menjadi catatan kita," jelasnya.

Sebagai ibu kota Provinsi Jambi, Kota Jambi perlu membenahi penampilan wajah kota. Dan ini sebut Maulana telah dilakukan sejak lama.

"Kalau perlu diberlakukan sanski di lokasi tersebut, seperti lokasi lainnya. Pasang spanduk peringatan, kalau perlu lakukan patroli di wilayah sana," harap Maulana.(*)


Penulis: Rizal