Tambahan Jasa Kerja, Fasha: Semoga Bisa Penuhi Kebutuhan


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Komitmen Pemkot Jambi untuk menyejahterakan tenaga kontrak, Pekerja Harian Lepas (PHL) hingga tenaga honorer lainnya di lingkungan Pemkot Jambi, tak hanya sebatas isapan jempol belaka. Secara simbolis Wali Kota Jambi, Syarif Fasha menyerahkan Tambahan Jasa Kerja (TKJ) bagi mereka, Rabu (12/4/2023).

Total ada 6.000 lebih tenaga kontrak lingkungan Pemkot Jambi yang menerima TKJ ini. Pada kegiatan penyerahan bantuan mustahiq ramadan 1444H ke TKK, Satpam, penjaga malam dan cleaning servis serta TKK Pemkot Jambi ini, juga dilakukan bersama Baznas Kota Jambi.

"Lazimnya tiap tahun semenjak 2021 tenaga non ASN di Kota Jambi, selalu diberikan tambahan jasa kerja, 1 kali 1 tahun. Dan diberikan saat jelang Idul Fitri atau THR," kata Wali Kota Jambi, Syarif Fasha.

Hal ini sebut Fasha, supaya pegawai non ASN bisa memenuhi kebutuhan mereka menjelang lebaran Idul Fitri 1444 H.

Para pegawai non ASN Pemkot Jambi ini juga mendapat tambahan dari Baznas Kota Jambi, masing-masing Rp300 ribu. Selain itu juga akan diberikan paket sembako dan paket daging kepada pegawai non ASN.

Mudah-mudahan ini sebut Fasha, bisa membantu pegawai non ASN di Kota Jambi.

"Karena non ASN kami ini honornya masih dibawah UMK. Jujur kami katakan, kami belum mampu membayar honor pegawai non ASN ini setara dengan UMK," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Jambi, Syamsir Naim menyebutkan, total ada anggaran senilai Rp1,8 miliar yang pihaknya gelontorkan untuk diberikan ke para asnaf 8 maupun Mustahik.

Seperti terhadap TKK di lingkungan OPD Pemkot Jambi, total ada 2.947 penerima. Masing-masing mendapatkan Rp300 ribu. Kemudian di kelurahan ada 679 penerima, sekolah 645 penerima, PHL 1.160 dan lingkungan Kemenag sebanyak 569 orang.

Syamsir Naim pun menyebutkan, keberadaan Baznas Kota Jambi sebagai lembaga resmi pemerintah non struktural yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai pengelola zakat, infak, dan sedekah merupakan instrumen untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat, khususnya umat Islam.

"Serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan, khususnya di Kota Jambi," singkatnya .

Selain memberikan TKJ bagi tenaga kerja kontrak di lingkungan Pemkot Jambi, dihari yang sama Wali Kota Jambi, Syarif Fasha juga memberikan bantuan sosial dalam rangka penanggulangan kemiskinan ekstrem perkotaan. 

Diberitakan sebelumnya, tidak semua daerah memiliki kebijakan untuk memberikan tambahan penghasilan yang juga dapat digunakan memenuhi kebutuhan menyambut hari raya. Ini adalah murni kebijakan kepala daerah yang peduli terhadap pegawainya dalam menyambut perayaan hari besar keagamaan.

“Kami memperjuangkan tambahan jasa kerja bagi pegawai kami Non-ASN adalah sebagai bentuk kepedulian dan keberpihakan kami kepada Non-ASN yang memiliki kinerja dan kontribusi yang sama seperti ASN. Semoga ini bermanfaat bagi mereka menyambut hari raya Idul Fitri,” pungkas Fasha.

Fasha juga berpesan agar tradisi ini dapat diteruskan oleh Wali Kota selanjutnya setelah dirinya purna tugas sebagai Wali Kota Jambi.(*)



Penulis : Rijal