Tips Menghadapi Arus Balik Mudik Lebaran dari Honda Sinsen

SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Memasuki arus balik lebaran, pastinya diprediksi lalu lintas akan mengalami kemacetan dan kepadatan dikarenakan masyarakat mulai bersiap kembali ke perantauan karena waktu libur akan berakhir. Para pemudik pun harus bersiap menghadapi situasi kemacetan arus mudik ini dengan seksama.


Instruktur Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Agung Sanjaya mengatakan arus balik lebaran 2023 sudah dimulai dari hari Senin (24/4), namun para pemudik tidak perlu khawatir karena kami akan berikan tips aman berkendara mennghadapi arus mudik.


Berikut beberapa tips untuk menghadapi arus balik lebaran agar tetap aman dan nyaman :


1. Persiapkan rute perjalanan

Persiapan rute perjalanan menjadi kunci kenyamanan ketika kita menghadapi arus balik mudik, karena bisa dipastikan jalan utama pasti penuh dengan kendaraan dikarenakan jadwal arus mudik yang terjadi serentak di beberapa daerah. 


“Kita bisa mensiasatinya dengan menyiapkan rute lain supaya tidak terjebak kemacetan selama perjalanan dan bisa mengecek melalui website, sosial media ataupun berita supaya kita bisa mengetahui jalur yang lancar dilewati dan jalur yang menjadi titik kemacetan serta jalur yang ditutup pada saat ingin balik mudik dari kampung halaman tercinta” ujar Agung.


2. Persiapkan kendaraan

Kendaraan yang sehat akan meningkatkan persentase keselamatan kita pada saat berkendara, terutama pada saat kita berpergian dengan jarak yang jauh. Periksa selalu kendaraan kita sebelum berpergian, mulai dari lampu motor apakah semuanya hidup dan berfungsi, lalu rem kendaraan apakah masih berfungsi serta bagian ban kendaraan kita.



3. Persiapan diri

Selain persiapan akan rute perjalanan dan kendaraan, kita juga harus mempersiapkan diri dan jangan malu untuk beristirahat di rest area terdekat apabila tubuh kita sudah merasa lelah, karena berkendara saat kondisi tubuh lelah akan sangat berbahaya. 


“Tidak lupa juga untuk selalu menggunakan perlengkapan berkendara saat naik motor mulai dari helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan juga sepatu guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan selama perjalanan” tambah Agung.


4. Bawa barang secukupnya

Momen balik mudik lebaran pasti menyisakan begitu banyak moment ketika berada di kampung halaman seperti oleh-oleh khas kampung halaman. Nah membawa barang bawaan yang berlebihan akan sangat berbahaya bagi kita, maka dari itu bawalah bawang secukupnya saja. 


“Itulah tips safety riding untuk pengendara sepeda motor yang akan menghadapi arus balik mudik 2023, semoga selamat sampai tujuan dan sesuai kampanye keselamatan berkendara sepeda motor Honda, selalu #Cari_aman saat naik motor!” tutup Agung.(*)