Hadiri Pengukuhan Ketua RT dan LPM Cempaka Putih, begini Pesan Wawako Maulana


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Puluhan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Jelutung, kembali dikukuhkan, Rabu (3/5/2023), di kantor Camat Jelutung. Pengukuhan ini dihadiri Wakil Wali Kota Jambi, Maulana.

Banyak pesan yang disampaikan Wawako Maulana pada kesempatan tersebut. Seperti di antaranya menekankan ke para ketua RT agar dapat memberikan pelayanan maupun membantu masyarakat dengan baik.

Pasalnya, Ketua RT merupakan perpanjangan tangan bagi pemerintah dalam mensosialisasikan berbagai program pemerintah yang ada. 

"Kami menekankan program-program penting agar menjadi perhatian bersama. Seperti di antaranya penanganan kasus stunting," kata Maulana, kemarin.

Menurut Maulana, di antara cara yang dapat dilakukan seperti dengan kembali mengaktifkan kembali Posyandu yang ada di masing-masing RT.

"Termasuk mendata para ibu hamil, balita. Jangan sampai ada, anak balita yang tidak mendapatkan hak imunisasi, timbang berat badan dan lainnya," tegas Maulana.

Maka dari itu, perlu peran para Ketua RT setempat untuk mensosialisasikan hal-hal yang dimaksud. Tak hanya soal penanganan stunting, Ketua RT juga tentu berperan mendata para masyarakat yang masuk kategori miskin ekstrem.

"Tujuannya apa? Tujuannya adalah untuk kita bantu mereka, kita hilangkan status miskin ekstrem tersebut. Karena pemerintah tidak serta merta bisa lebih dalam mengecek masyarakat nya. Itulah peran Ketua RT," jelasnya.

Dalam pengukuhan tersebut, beberapa Ketua RT merupakan periode yang lama. Sementara ada beberapa RT yang baru. Untuk itu, Maulana mengapresiasi Ketua RT yang telah pensiun dan menyambut Ketua RT yang baru dengan banyak harapan.

"Kita terima kasih terhadap ketua RT yang telah pensiun. Tak banyak yang kita berikan. Dan yang kita berikan pun tak setimpal apa yang sudah dikerjakan mereka," ungkapnya.

"Untuk itu, kepada Ketua RT yang baru selamat bertugas. Kedepankan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat, jadilah perpanjangan tangan kami selaku pemerintah," tutupnya.(*)



Penulis: Rijal