Panen Karya Pelajar, Walikota Fasha Buka Jalan Sehat Hardiknas


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Walikota Jambi, Syarif Fasha membuka kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi, Jumat (12/5/2023).

Fasha mengatakan jalan sehat ini merupakan puncak perayaan hari pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh 2 Mei 2023 lalu dan baru dilaksanakan hari ini.

"Acara ini sekaligus memperingati hari jadi Kota Jambi pada 29 Mei 2023 besok," ujarnya.

Jalan santai yang mengambil lokasi star di depan Kantor Dinas Pendidikan Kota Jambi ini, diikuti lebih dari 14 ribu orang baik masyarakat, tenaga pendidikan dan pelajar yang ada di Kota Jambi.

Selain itu juga menghadirkan kesenian kompangan yang dimainkan oleh beberapa pelajar dari berbagai sekolah di Kota Jambi.

Tidak hanya itu, even yang bertepatan dengan ulang tahun Walikota Jambi ini juga menghadirkan panen karya dari pelajar yang ada di Sekolah penggerak Kota Jambi.

Di mana setiap sekolah penggerak mendapatkan stan untuk memajang karya siswa mereka.

Sebelumnya, Syarif Fasha berkesempatan langsung membuka kegiatan loka karya 7 program guru penggerak angkatan ke-6 tahun 2023, Senin (8/5) lalu, di Gedung Aula Balam, gedung Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Jambi.

Total ada 144 peserta terdiri dari satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Pertama (SMA) hingga Sekolah Luar Biasa (SLB), baik negeri maupun swasta.

"Ini program pemerintah pusat. Harapan kami berpesan ke seluruh guru yang ikut agar menghayatinya," sebut Fasha, kemarin.

Sebab menurut Fasha, guru penggerak memiliki multitalenta dalam memberikan pelajaran secara holistik dan menjadi panutan bagi guru-guru yang lain.

"Kita juga pesan ke pihak Balai agar dapat memperbanyak guru penggerak dan sekolah penggerak," tambah Fasha.

Kendati demikian, Fasha juga berharap agar jangan ada sekolah favorit tidak menjadi sekolah penggerak dan sebaliknya. Sekolah biasa yang malah menjadi sekolah penggerak.

"Nanti orang tua bisa bingung," sebutnya.

Disamping itu, Fasha juga berpesan kepada para guru penggerak agar dapat menjadi pionir di kemudian hari. Tak lain untuk pendidikan yang lebih baik kedepannya 

"Sehingga hal ini bisa memperlancar proses pembelajaran maupun pendidikan di lingkungan masing-masing," jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini sistem pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka belajar. Pemkot Jambi pun mengimbau agar tenaga pendidik dapat menerapkan sistem tersebut kepada peserta didik di tingkatan sekolah.(*)



Penulis: Rijal