Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Wagub Sani Buka FEKDI 2023

Wagub H Abdullah Sani


SWARAJAMBI.ID, JAMBI  - Wakil Gubernur Jambi  H. Abdullah Sani membuka Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 di Swiss-Belhotel Hotel, Senin (8/5/2023).

Dihadapan peserta, wagub menyatakan digitalisasi ekonomi akan berdampak positif terdapat pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

"Dengan semakin majunya konektivitas sistem pembayaran, literasi, serta inklusi keuangan digital akan mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif," ujar Sani.

Wagub Sani mengatakan, pemerintah pusat dan daerah saat ini sangat mendukung digitalisasi ekonomi, salah satunya melalui kegiatan dan proses penyediaan barang dan jasa pemerintah melalui e-commerce maupun marketplace. Dalam upaya mendukung digitalisasi ekonomi tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Biro Pengadaan Barang dan Jasa telah melakukan Launching belanja pada aplikasi Bela Pengadaan dengan marketplace Grab dan melakukan Kick off Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) guna mendukung belanja produk dalam negeri. 

“Program ini dilaksanakan untuk mendukung program UMKM Go Digital, melalui proses belanja langsung Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah kepada UMK yang tergabung dalam marketplace,” kata Sani. 

Wagub menuturkan, melalui pelaksanaan FEKDI 2023 ini, dengan harapan dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dan daerah. 

“Hal ini sejalan dengan Visi Jambi MANTAP (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional) dibawah Ridho Allah SWT, dimana Pemerintah Provinsi Jambi telah melakukan program bantuan modal kerja bagi UMKM khususnya wira usaha pemula, Industri rumah tangga mak-mak serta start up dan milenial di Provinsi Jambi,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Sani juga menyampaikan kepada Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jambi yang menginisiasi dan melaksanakan kegiatan FEKDI pada  tahun 2023 ini. 

"Saya berharap Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi memberikan masukan-masukan dalam implementasi Ekonomi Keuangan Digital kepada Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah kabupaten/kota Se Provinsi Jambi, instansi pemerintahan lainnya, dunia usaha serta kepada masyarakat," tutup Wagub Sani.(*)