Pecatur Kota Jambi Arif Saragih Sandang Titel Kandidat Master dari Fide

Arif Rahman Saragih pada satu turnamen internasional yang diikutinya.

–––––––––––––––––––

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Kabar gembira datang dari Turnamen Catur Celcius Classical di Kuala Lumpur, Malaysia. Pecatur Kota Jambi Arif Rahman Saragih berhasil menyandang  kandidat master dari  Fide dengan elo ranting 2236. Titel tersebut didapat Arif usai memperoleh tambahan 105 poin dari turnamen Catur Celcius Classical.

Sebelumnya Arif juga berhasil meraih hasil positif di turnamen Fide kategori Rapid di Kejuaraan Majelis Marang dengan meraih juara pertama dan tambahan rating 26 poin.

"Saya sudah  bisa sandang titel kandidat master dari Fide. Karena elo ranting saya per 1 Juni 2023 ini sudah tembus 2236," ujar Arif bangga, Kamis (1/6/2023).

Turnamen Catur Celcius Classical yang diikuti Arif ini menggunakan sistem Round Robin 10 babak   dengan format waktu 60 menit plus 30 detik. Selama turnamen, pecatur yang dipersiapkan Percasi Kota Jambi untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jambi ini tidak pernah kalah. Arif meraih 6 kemengangan dan 4 kali remis. 

Ketangguhan Arif sudah terlihat pada babak pertama. Dimana Arif dengan mudah mengalahkan lawannya dari Malaysia. 

Ketua Percasi Kota Jambi Ardi Hutabarat mengatakan Arif Rahman Saragih merupakan satu-satunya atlet catur Kota Jambi yang punya gelar catur internasional. Ardi pun berharap Arif tidak berpuas diri dengan pencapaian prestasinya itu. Arif dimintanya untuk tetap fokus selama mengikuti kejuaraan yang merupakan rangkaian pemusatan latihan (TC) yang digelar Percasi Kota Jambi di luar negeri. 

"Serangkaian kejuaraan ini akan menuju klimaksnya saat Porprov Jambi di bulan Juli 2023.  Tidak muluk-muluk ya, saya target juara umum untuk catur Kota Jambi," ujar Ardi.

Ardi juga berharap pecatur-pecatur Kota Jambi lainnya bisa mengikuti jejak Arif. Selain menambah jam terbang pertandingan, mengikuti kejuaraan internasional juga akan mengetahui kemampuan diri sendiri. 

"Sehingga bisa koreksi dan evaluasi kekurangannya sendiri. Sekali lagi, selamat untuk Arif atas titel kandidat master dari Fide," ujar Ardi.

Prestasi  Arif Rahman Saragih tersebut juga mendapat apresiasi dari Pengprov Percasi Jambi. Pengprov berharap Arif dan pecatur Jambi lainnya nantinya mampu lolos dan berhasil di PON Sumut - Aceh.

"Saya ucapkan selamat untuk Arif, yang mendapat titel kandidat master dari Fide. Setelah ini titel Grand Master mudah-mudahan bisa diraih Arif kedepannya. Teruslah berprestasi dan harumkan Jambi di pentas internasional," kata Anwar Harminto, ketua umum Percasi Jambi.

Sekum Percasi Jambi Hendri Hutabarat menambahkan semua pecatur Jambi bisa berprestasi di luar negeri. Asalkan serius dan konsisten mengikuti kejuaraan catur yang digelar Fide.

"Kemudian siap segalanya. Ada kemauan pasti ada jalan. Buktinya Arif bisa," pungkasnya.(*)