Pimpin Rapat Diseminasi Audit Stunting, Maulana: Berikan Perhatian Khusus


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Penanganan stunting tentu menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk melakukan berbagai upaya agar kasus stunting tidak marak. Tak terkecuali yang dilakukan Pemkot Jambi.

Untuk itu, Wakil Wali Kota Jambi Maulana memimpin rapat diseminasi audit kasus stunting Kota Jambi, di Aula Bappeda Kota Jambi, Rabu (21/6/2023).

Stunting sendiri merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi dari kehamilan hingga usia 2 tahun.

Anak dengan kondisi ini memiliki tubuh yang sangat pendek di bawah rata-rata anak seumurannya.

Maulana yang juga Pjs Wali Kota Jambi ini mengatakan, poin penting dalan rapat tersebut yakni, memastikan semua anak yang beresiko stunting atau yang mengalami stunting harus diberikan perhatian khusus.

"Diberikan protein dua telur sehari selama enam bulan dari bapak asuh," katanya.

Dengan demikian, harapan enam bulan kedepan anak yang stunting atau beresiko stunting sudah tidak lagi mengalami stunting. 

"Oleh karena itu, dengan rapat ini bisa memperkuat lagi penanganan stunting di Kota Jambi," ujarnya.

Dijelaskan Maulana, di Kota Jambi anak yang mengalami stunting sebanyak 804 anak, tetapi secara statistik dari 17,1 persen anak stunting di Kota Jambi, saat ini sudah turun menjadi 14 persen.

"804 anak ini lah yang kita kroyok rame-rame. Kita pastikan tidak ada lagi balita yang tidak dimonitor tinggi dan berat badannya," jelasnya.

Karena Pemerinta Kota Jambi sebut Maulana, telah menditribusikan alat ukur ke seluruh Posyandu di Kota Jambi.

"Tenaganya juga sudah dilatih. Kalau ketemu, resiko (stunting, red) saja, seperti tinggi badannya tidak naik maka arus segera dilaporkan," jelasnya. 

Untuk itu, Maulana yang juga Ketua TPPS Kota Jambi telah menginstruksikan seluruh Puskesmas, Lurah, Camat, hingga PKK agar turun bersama-sama menangani kasus stunting.

“Cari akan masalahnya. Laporannya harus masuk ke meja saya melalui TPPS, sehingga saya bisa mendisposisikan penanganan apa yang akan dilakukan terhadap stunting tersebut,” pungkasnya.(*)



Penulis : Rijal