Rp 5 Miliar Untuk Peningkatan Puskesmas Pakuan Baru

Walikota Sy Fasha meninjau pembangunan Puskesmas Pakuan Baru.

––––-–––––––––––


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Peningkatan pelayanan terhadap masyarakat terus dilakukan Pemkot Jambi. Di antaranya adalah melakukan pembenahan bangunan Puskesmas yang ada di Kota Jambi. Anggaran bernilai besar pun digelontorkan, demi menjaga dan menciptakan pelayanan terhadap masyarakat yang lebih ramah.

Di antaranya adalah peningkatan ruang rawat inap dan rehab Puskesmas Pakuan Baru, Kecamatan Jambi Selatan pada tahun ini. Total anggaran yang digelotorkan, senilai Rp5 Miliar.

Baru-baru ini, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha tampak meninjau langsung progres pembangunan tersebut. Di dampingi pihak Dinas PUPR Kota Jambi, Fasha tampak sesekali berbincang dengan pihak pengerjaan dan sejumlah pekerja di sana.

"Ini selama pengerjaan pelayanan tetap berjalan kan," tanya Fasha, terhadap pihak Puskesmas.

Sesekali Fasha juga tampak memasuki ruang pelayanan Puskesmas lainnya, dan menyapa para tenaga kesehatan di sana.

 "Ini nanti tempat ambil obatnya dibuatkan yang bagus, saya liatnya kirain bisa pesan mie tadi," canda Fasha.

Sementara pada bagian depan atau lobi Puskesmas Pakuan Baru, Fasha meminta agar plafon yang bocor dapat diperbaiki.

 "Mana kontraktornya, ini tolong nanti dibatasi sekalian yang bocornya ya," pintanya.

Tak hanya Puskesmas Pakuan Baru, Pemkot Jambi juga membangun dan meluaskan Gedung Puskesmas Talang Bakung. Total anggaran digelontorkan sebesar Rp 8 miliar. 

Fasha juga dengan seksama melihat fisik bangunan yang sedang dikerjakan, termasuk bahan-bahan yang digunakan.

 "Kami meninjau Puskesmas Pakuan Baru untuk peningkatan saran prasarana. Termasuk Talang Bakung, sebagai Puskesmas rawat inap insya Allah akan diparipurnakan. Kedepan akan ditingkatkan terkait fasilitas barunya," tutupnya. 

Sementara tahun lalu, Pemkot Jambi membagikan mobil dinas kepada para kepala puskesmas, Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), dan Direktur Rumah Sakit Haji Abdurrahman Sayuti (RS HAS). Total ada 7 kendaraan yang dibagikan.

"Pembagian mobil dinas baru kepada 5 Kepala Puskesmas, kepala Labkesda dan direktur rumah sakit ini karena dominan melaksanakan kegiatan Covid-19," kata Syarif Fasha kala itu.

Selama ini kata Fasha, kendaraan dinas para kepala Puskesmas di Kota Jambi menggunakan mobil Ambulance.

"Jadi ini bentuk penghargaan kami, karena sudah sama-sama berperang melawan Covid-19. Hingga kini kasusnya terus turun siginifikan. Jadi bagi yang belum, akan diberikan awal tahun depan," katanya.

Dia mengingatkan, agar kendaraan dinas yang dibagikan ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 "Kepala Puskesmas (Kapus) bisa stanby 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan. Kalau ada keadaan darurat bisa langsung gerak cepat. Mobil dinas ini juga bisa dipakai untuk masyarakat yang membutuhkan," katanya.(*)



Penulis : Rijal